PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO WHITEBOARD ANIMATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2D DAN 3D KELAS XI MULTIMEDIA SMKN

Deden Sumarna, Hamsi Mansur, Agus Hadi Utama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, menguji kelayakan, dan pengaruh media terhadap hasil belajar. Pada  pengembangan media pembelajaran berbasis video whitwboard animation  mata pelajaran teknik animasi 2D dan 3D  kelas XI Jurusan Multimedia SMK Negeri 3 Banjarmasin. Guna mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru maupun siswa di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Reasearch & Development). Penelitian ini menggunakan adaptasi model pengembangan Alessi dan Trollip, yang meliputi 3 langkah pengembangan, terdiri dari perencanaan (planning), desain (design), dan pengembangan (development). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Uji validitas melibatkan enam orang ahli terdiri dari 2 orang ahli media, 2 ahli materi, 2 ahli naskah dan ahli bahasa menggunakan skala likert. Uji responden dan uji lapangan dilakukan kepada 20 orang siswa menggunakan uji paired T test. Data dalam penelitian ini di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa video pembelajaran berbasis whitwboard animation materi prinsip dasar pembuatan animasi 2D ini memperoleh kategori “sangat layak” dapat digunakan pada pembelajaran Teknik animasi 2D dan 3D. Pada penilaian hasil belajar berdasarkan output statistik menunjukan adanya peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media pembelajaran berbasis video whitwboard animation.

Keywords


Multimedia Pembelajaran; Whiteboard Animation; Teknik Animasi 2D

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Alessi & Trollip, Stephen M Alessi, & Stanley R. Trollip. (2001). Multimedia for Learning Method And Development. Massachusetts: Alin and Bacon

Barbara B. Seels, Rita C. Richey. (1994). Instructiuonal Technology: The Definition and Domains of The Field. AECT Washington DC.

Hadi, S. (2017). Efektifitas Penggunaan Video Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 96-102).

Irfan, A., dkk. (2016). Perbedaan Media Audio Visual dan bukan Audio Visual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. Wahana Sekolah Dasar (Kajian Teori dan Praktik Pendidikan), (Online), 24 (1): 1-8, (http://journal.um.ac.id/index.php/jwsd/article/view/7983), Diakses 14 Febuari 2021.

Karthigesu, K., & Mohamad, M. (2020). Primary school teachers’ perceptions on the integration of interactive whiteboard (IWB) during reading instructions. International Journal of Academic Research in Business & Social Sciences. 10(2), 722-741. (http://doi.org/10.6007/IJARBSS/v10-i2/6977) Diakses Mei 2022.

Latifah, F., Mansur, H., & Adawiyah, R. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Journal of Instructional Technology, 1(2), 123-130.

Li, M., Lai, C. W., & Szeto, W. M. (2019). Whiteboard animations for flipped classrooms in a common core science general education course. The 5th International Conference on Higher Education Advances (HEAd’19).

Nurwahidah, C. D., Zaharah Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr. Jurnal Pemikiran dan Pencerahan. 17(1) 1-12 (Online), (http://jurnal.umt.ac.id/index.php/RausyanFikr/article/view/4168/pdf) Diakses 23 Februari 2021.

Ranberg J.S, Schmeiser B.W. (1974) An Approximate Method For Generating Asymmetric Random Variables. Communication of the ACM.

Salim, A., Mansur, H., & Utama, A. H. (2020). Evaluasi Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supryadi, P. E., dkk. (2013). Penerapan Media Video Pembelajaran sebagai Aplikasi Pendekatan Contekstual Teaching Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, (Online),1(1),(http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1492), Diakses Februari 2021.

Suhroh, F., Cahyono, B., & Praba Astuti, U. (2020). Effect of using whiteboard animation in project-based learning on Indonesian EFL students’ English presentation skills across creativity levels. Arab World English Journal (AWEJ) Special Issue on CALL, (6).

Tibyani, W., & Hermanto, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ensiklopedia Menggunakan Whiteboard Animation Materi Teks Prosedur. In Seminar Nasional SAGA# 3 (Sastra, Pedagogik, dan Bahasa) (Vol. 3, No. 1, pp. 129-136).




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License