MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Enisa Ananda Putri, Agus Hadi Utama, Adrie Satrio

Abstract


Model CIRC mengutamakan kerja sama dalam kelompok atau tim saling membantu untuk mencapai tujuan belajar secara bersama-sama. Tujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui implementasi strategi CIRC dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VII Di SMPN 1 Alalak. Dan yang kedua adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VII Di SMPN 1 Alalak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ekperimen quasi (quasi experimen) dengan pendekatan kuantitatif yang berbentuk desain studi kasus dua arah (two tail). Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reabilitas dalam bentuk angket untuk menentukan kevalidan data dan juga uji-t dalam menentukan hipotesisnya. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = -2.2144 yang mana hasilnya kurang dari ttabel = 2.001717, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Maka ada peningkatkan sebelum dan setelah mengimplementasikan model pemebelajaran kooperatif tipe CIRC pada pelajaran Bahasa Inggris kelas VII di SMPN 1 Alalak.

Keywords


Model Pembelajaran; Kooperatif Tipe CIRC; Minat Belajar; Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2008) "Psikologi pendidikan." Jakarta: Rineka Cipta.

Hastjarjo, T. Dicky. "Rancangan eksperimen-kuasi." Buletin Psikologi 27.2 (2019): 187-203.

Jannah, L. M., & Prasetyo, B. (2011). Pendekatan Kuantitatif. Materi Pokok Metode Penelitian Kuantitatif, 1-19.

Jatmiko, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Disertai Media Komik Biologi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pelajaran Biologi pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2.

Jenisa, K., & Lubis, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X TGB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Educational Building Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, 2(1 JUNI).

Ma’mur, A. J. (2011). Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Laksana Julianti.(2011). Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Metode Permainan Edukatif dalam Proses Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Swasta Bina Mulia Kecamatan Pontianak Tenggara. Skripsi. Pontianak: program studi PGSD Guru dalam Jabatan FKIP UNTAN Pontianak.

Ngalim, P. (2008). Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Rosda.

Ramadhan, A., Mansur, H., & Utama, A. H. (2021). IMPLEMENTASI MODEL Pembelajaran Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Siskomdig Siswa Kelas X. Journal of Instructional Technology, 2(1), 51-60.

Riduwan, M., & Tesis, T. M. (2004). Cetakan pertama. Alfabeta, Bandung.

Riyanto, Y. (2009). Paradigma Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Siregar, P. H., Siregar, M. Y., & Isnaniah, L. K. S. (2020). Pengaruh Kerjasama Tim Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Permata Bunda Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbi), 1(1), 151-160.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfa Beta. Bandung.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian ,Bandung.Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis Bandung: Alfabet.

Tianasari, I. D. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia Siswa Kelas V (Studi Multi Situs Di Sdit Al-Aqsha Besole Kec. Besuki Kab. Tulungagung Dan SDI Muhammadiyah Tanggulwelahan Kec. Besuki Kab. Tulungagung) (Doctoral dissertation, IAIN Tulungagung).

Wulanuari,Imam Suyanto,Kartika Chryati, (2017). Penggunaan Metode Sing A Song Dalam Peningkatan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Siswa kelas V SD”. Jurnal Pendidikan




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License