PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI BERKORESPONDENSI DALAM SURAT MENYURAT DI SMP

Nurhayati Nurhayati, Susanti Sufyadi, Agus Hadi Utama

Abstract


Pengembangkan media pembelajaran berbasis infografis menjadi sangat penting untuk dikembangkan karena dapat menjadi media yang layak dan menarik dalam memberikan pemahaman kepada siswa sehingga membantu guru dalam menunjang proses pembelajaran tatap muka terbatas dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (a) menghasilkan media pembelajaran berbasis infografis pada materi berkorespondensi dalam surat menyurat, (b) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis infografis pada materi berkorespondensi dalam surat menyurat (c) mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis infografis terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi berkorespondensi dalam surat menyurat di SMP Negeri 15 Banjarmasin pada masa pembelajaran tatap muka terbatas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall. Tahapan pengembangan meliputi: tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap uji coba produk, dan tahap revisi produk. Pada uji ahli dilakukan 2 ahli, yaitu ahli media dan ahli materi untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis infografis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran berbasis infografis memiliki hasil yang sangat layak. (2) media pembelajaran berbasis infografis yang dihasilkan memiliki respon yang sangat menarik dari siswa. (3) terdapatnya perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis infografis yang dikembangkan, hal tersebut dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa dari nilai post-test lebih baik dari nilai pre-test siswa.


Keywords


Media Pembelajaran; Infografis; Korespondensi Surat Menyurat; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Dwijayani, N. M. (2019, October). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1321, No. 2, p. 022099). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099.

Hanafi, H., Islamica, S., & Keislaman, J. (2017). Konsep penelitian R&D dalam bidang pendidikan. Banten: UIN Sultan Maulana Hassanuddin Banten. 4(2). (1989), 129–150. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/1204

Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37-48. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/443.

Mansur, H., Utama, A. H., & Sari, N. (2021, December). The SAMR Model Online Learning Quality Improvement Training For Working Group Head Elementary School At North Banjarmasin District. In 2nd International Conference on Education, Languages, Literature, and Arts (ICELLA).

Mansur, H., Utama, A. H., & Sari, N. (2021, October). PEDATI Learning Design to Develop Asynchronous Online Learning Methods During the Covid19 Pandemic. In 2021 Universitas Riau International Conference on Education Technology (URICET) (pp. 65-70). IEEE.

Munandar, R., Hidayat, S., & Fadlullah, F. (2021). Hubungan Kecerdasan Spiritual Terhadap Mata Pelajaran PAI dengan Hasil Belajar di Kelas X SMAN 2 Pandeglang. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/13131.

Senjaya, W. F. dkk. (2019). Peran Infografis sebagai Penunjang dalam Proses Pembelajaran Siswa. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 55-62. http://ejournal.usd.ac.id/index.php/ABDIMAS.

Utama, A. H. (2021). The Implementation Curriculum 2013 (K-13) in Teacher's Ability to Develop Learning Media at Distance Learning. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 3(2), 56-65.

Syafaruddin, Supiono & Burhanuddin. (2019). Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: CV Budi Utama.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License