PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPA PROSES FOTOSINTESIS UNTUK SISWA KELAS V SDN SN PASAR LAMA 3 BANJARMASIN

Muhammad Fery Syaifudin, Hamsi Mansur, Rafiudin Rafiudin

Abstract


Permasalahan yang sering dijumpai di sekolah adalah kurangnya pengembangan dan penggunaan media pembelajaran yang memudahkan guru dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media video sebagai media pembelajaran pada materi fotosintesis siswa kelas V SDN-SN Pasar Lama 3 Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menerapkan model pengembangan 4D. Pengembangan  dalam media Video ini memiliki beberapa fase, diantaranya: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Proses pengumpulan data untuk survei/penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan kuesioner. Melibatkan enam ahli, dua ahli media, dan dua ahli materi, serta dua ahli naskah media yang ikut dalam menilai kelayakan media Video. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini  menunjukkan bahwa media video untuk bahan proses fotosintesis sangat layak untuk dipergunakan. Hasil uji kelayakan media video untuk ahli media dan ahli materi masuk dalam kategori sangat layak. Oleh karena itu, media video sangat cocok dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas V sekolah dasar di sekolah

Keywords


Video Pembelajaran; Proses Fotosintesis; Mata Pelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan, (2006). Standar Isi. Badan Standar Nasional Pendidikan: Jakarta.

Borg, W. R & Gall, M. D. 1983. Educational research: An introduction. New York: Longman.

Hamalik, (2005) Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mansur & Dkk, 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Untuk Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII di SMP. J-INSTECH Vol. 2, No. 2, Juli 2021 (46-52).

Mulyatiningsih, (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Rusman, (2012). Model – Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Sadiman. & Arief, S. 2003. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: PT.Rajawali Press.

Samatowa, (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sanjaya, W. 2015. Perancanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Thiagarajan, S., & dkk. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Childrren: A Sourcebook. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License