PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI DEBAT SMA KELAS X

Muhammad Rifani, Mastur Mastur, Agus Salim

Abstract


Kurangnya media pembelajaran mengakibatkan pendidik kesulitan menampilkan contoh nyata dalam materi debat. Pembelajaran melalui pengembangan media video pembelajaran menjadi solusi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan media video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi debat kelas X SMA Negeri 1 Alalak, (2) Mengetahui hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Alalak setelah menggunakan media video pembelajaran pada Bahasa Indonesia materi debat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan 4D yaitu Define, Design, Development, dan  Dissemination yang telah dimodifikasi menyesuaikan dengan keperluan.Berdasarkan hasil penilaian kedua ahli media dapat diperoleh dari validator I sebesar 96,71% dengan katergori “sangat layak” dan validator II sebesar 96,29% dengan kategori “sangat layak”, hasil penilaian kedua ahli materi dapat diperoleh dari validator I sebesar 100% dengan kategori “sangat layak” dan validator II sebesar 90,38% dengan kategori “sangat layak”, peningkatan hasil belajar siswa mendapat nilai gain sebesar 0,37 dengan kategori “sedang”. Dari hasil penelitian data disimpulkan bahwa video pembelajaran layak digunakan sebagai media bagi peserta didik.

Keywords


Video Pembelajaran; Prestasi Belajar; Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Borg, R.W. & Gall, M.D. (1989). Educational Research; An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Cheppy Riyana. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). di akses pada 10 Juli. 2022. https://kbbi.web.id/didik.

Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37-48.

Maulida, S., Mansur, H., & Fatimah, F. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Instructional Technology, 1(1), 20-28.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ristekdikti. (2018). Menristekdikti luncurkan elearning / hybrid learning, strategi pendidikan tinggi. Diakses dari https://lldikti12.ristekdikti.go.id/2018/05/13/menristekdikti-luncurkan-e-learning-hybrid-learning-strategi-pendidikan-tinggi.html.

Seels, B. B & Ritchey, R. C (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafril, S, Eldarni, E., & Rahmi, U. (2018). Teknologi Pendidikan Peningkatan Kualitas dan Akses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Widyastuti, A., Mawati, A. T., Ika Yuniwati Janner Simarmata, A. F. P., & Dewa Putu Yudhi Ardiana, Dyah Gandasari, A. N. I. (2020). Pengantar Teknologi Pendidikan (T. Limbong (ed.); 1st ed., Issue 4). Yayasan Kita Menulis. https://www.proquest.com/scholarly-journals/discerns-specialeducation-teachers-about-access/docview/2477168620/se2?accountid=17260%0Ahttp://lenketjener.uit.no/?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:journal&genre=article&sid=ProQ:ProQ%3Aed.

Yasa, K. A., dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Materi Elektro Listrik untuk Kelas XI MIPA dan IPS di SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Vol 14, No 2, 199–209.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License