PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR DIGITAL BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Jhony Maulana, Susanti Sufyadi, Agus Hadi Utama

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut sekolah untuk menyediakan dan mengembangkan sumber belajar. Temuan di sekolah SMP Negeri 1 Banjarmasin adalah minimnya pengalaman yang dimiliki guru dalam menggunakan beragam sumber belajar yang tepat, maka dibutuhkan sebuah inovasi untuk mengembangkan sumber belajar. Dari masalah tersebut peneliti berinovasi untuk mengembangan sumber belajar digital berbasis web.  Tujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui proses pengembangan sumber belajar digital berbasis web pada mata pelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 1 Banjarmasin. Selanjutnya yang kedua adalah untuk mengungkap ada dan tidaknya peningkatan minat belajar siswa kelas VII setelah menggunakan hasil pengembangan sumber belajar digital berbasis web mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Banjarmasin. Jenis penelitian dan pengembangan (R&D) ini mengunakan metode deskriptif kuantitatif dengan model pengembangan Alessi & Trollip. Hasil penelitian dan pengembangn (R&D) ini telah dinyatakan sangat layak dengan skor persentase rata-rata ahli desain web 86% dan ahli materi 82%. Sumber belajar digital berbasis web juga dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Banjarmasin melalui perhitungan uji n-gain dari minat awal dan akhir dengan hasil rata-rata nilai n-gain 0,70 yang termasuk dalam klasifikasi sedang.

Keywords


Sumber Belajar; Minat Belajar; Matematika

Full Text:

PDF

References


Abdulloh, Rohi. (2018). 7 in 1 Pemograman Web Untuk Pemula. Tegal: PT Elex Media Komputindo.

Alessi, S.M. & Trollip, S.R. (2001). Multimedia for learning: methods and development. 3nd ed. USA: Pearson Education.

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

Dopo, F. B., & Ismaniati, C. (2016). Persepsi guru tentang digital natives, sumber belajar digital dan motivasi memanfaatkan sumber belajar digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 13-24.

Mahmud, A. Z., Mansur, H., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA N 10 Banjarmasin. Journal of Instructional Technology, 2(2), 35-39.

Nawawi, A., Mansur, H., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Pop-Up Book Materi Sifat Dan Perubahan Wujud Benda untuk Siswa SD. Journal of Instructional Technology, 2(2), 22-29.

Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rahman, H., Mansur, H., & Satrio, A. (2022). Pengembangan Sistem Infromasi Perpustakaan Berbasis SLiMS Akasia 8. Journal of Instructional Technology, 2(2), 8-15.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sulistiawati, A., & Azizah, N. A. H. (2020). Pemanfaatan Web Educative Sebagai Sumber Belajar Berbasis Stem. In SENDIKA: Seminar Pendidikan, 3(1), 1-8.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i1.9441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License