PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

I Dewa Made Purdiyante, Rafiudin Rafiudin, Agus Hadi Utama

Abstract


Hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran. Kualitas proses pembelajaran yang kurang baik membuat hasil peserta didik bertolak belakang dengan capaian yang telah ditentukan. Media pembelajaran perlu dikembangkan untuk menghasilkan proses pembelajaran yang berkualitas, baik dan menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media augmented reality yang layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pembelajaran Matematika materi bangun ruang kelas V di SDN Kebun Bunga 3 belum berjalan maksimal, karena beberapa masalah yang ada seperti kurangnya media pembelajaran mengakibatkan pendidik kesulitan menampilkan contoh nyata dalam materi bangun ruang. Oleh sebab itu, pengembangan media augmented reality menjadi lebih penting agar bisa digunakan dalam proses pembelajaran Matematika dengan materi bangun ruang kelas V di SDN Kebun Bunga 3. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian 4D oleh S. Thiagarajan. Media augmented reality ini diuji coba dengan 25 responden. Penelitian ini menghasilkan produk pengembangan media augmented reality yang layak dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V SDN Kebun Bunga 3.

Keywords


R&D; Augmented Reality; Media Pembelajaran; Matematika; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Azuma, R. T. (1997). A survey of augmented reality. Presence: teleoperators & virtual environments, 6(4), 355-385.

Gayatri, A. M., & Ningtyas, S. I. (2017). Peningkatan Minat Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Permainan Ular Tangga Pada Pelajaran Kewirausahaan Di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi penelitian peserta didik Kelas X di lokasi di Jakarta Timur, Tangerang Selatan, dan Depok). Research and Development Journal of Education, 4(1).

Hendajani, F., Hakim, A., Lusita, M. D., Saputra, G. E., & Ramadhana, A. P. (2018, May). 3D animation model with augmented reality for natural science learning in elementary school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1013, No. 1, p. 012154). IOP Publishing.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika. JIPMat, 2(1).

Mansur, H., & Rafiudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37-48.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Deepublish.

Mealy, P. (2018). Virtual & Augmented Reality For Dummies. In Virtual & Augmented Reality For Dummies. John Wiley & Sons, Inc.

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.

Sadiman, S. dkk. (1986). Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No.6 Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : CV Rajawali.

Seels, B. B., & Richey, R. C. (2012). Instructional technology: The definition and domains of the field. IAP.

Sugiyono. (2019). Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Suharjana, A. (2008). Mengenal bangun ruang dan sifat-sifatnya di sekolah dasar. Jakarta: Pusat pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Sulastri, S., Imran, I., & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.9452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License