PEMANFAATAN APLIKASI DISCORD SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19

M. Abdiyan Pradana Putra, Agus Salim, Agus Hadi Utama

Abstract


Pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu solusi yang dibutuhkan oleh tenaga pengajar dan peserta didik di masa pandemi. Pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan discord ini dilakukan dalam rangka membantu tenaga pengajar dan peserta didik sebagai penyedia sarana belajar dalam pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas pembelajaran online Bahasa Inggris di Lembaga Bahasa LIA Banjarmasin menggunakan aplikasi discord sebagai alternatif dalam kegiatan pembelajaran online. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Metode yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian fenomonologi yang terdiri tiga tahapan yaitu pelaksanaan, penyelesaian, dan laporan. Objeknya yaitu tempat penelitian di Lembaga Bahasa LIA Banjarmasin, subjeknya adalah tenaga pengajar dan peserta didik tingkat SMA. Akibatnya, kami menemukan bahwa banyak siswa masih memiliki masalah dalam menggunakan Discord karena ketidakstabilan jaringan Internet. Namun, beberapa siswa dengan jaringan internet yang stabil senang dengan penggunaan aplikasi Discord untuk pembelajaran online.

Keywords


Pemanfaatan; Aplikasi Discord; Media Pembelajaran Online

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar.

de George-Walker, L., & Keeffe, M. (2010). Self-determined Blended Learning: A Case Study of Blended Learning Design. 1–27.

Dewantara, J. A., Efriani, & Afandi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Discord sebagai Media Pembelajaran Online. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 61–65. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.

Ermawati, E., Fatimah, F., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle PAI untuk Meningkatkan Minat Siswa SD Kelas IV. Journal of Instructional Technology, 2(2), 62-68.

Hidayat, M. L., Prasetiyo, W. H., & Wantoro, J. (2019). Pre-service Student Teachers’ Perception of Using Google Classroom in a Blended Course. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(2), 363–368. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7242

Kuntarto, E., & Sugandi, S. (2018). Penerapan Program Pengembangan Profesi Guru Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Diniyah Al-Azhar Kota Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 220–238. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6759.

Mansur, H., Utama, A. H., & Irianti, E. (2019, December). The Development of an Ecosystem Education Game Product to Improve the Learning Motivation of 5th Grade Students in Elementary School. In International Conference on Education Technology (ICoET 2019) (pp. 207-211). Atlantis Press.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Wulanjani, A. N. (2018). Discord Application: Turning a Voice Chat Application for Gamers into a Virtual Listening Class. ELLiC, 2, 115–119.

Seels, Barbara B. & Richey, Rita C., (2000), Teknologi Pembelajaran, Definisi dan Kawasannya, Terjemahan Dewi S Prawiradilaga, R. Rahardjo, Yusufhadi Miarso, Jakarta: Penerbit IPTPI & LPTK.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.9453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License