PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SUNGAI LULUT 7

Nor Lisda Arianti, Hamsi Mansur, Zaudah Cyly Arrum Dalu

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mengembangan Video Pembelajaran melalui metode Contextual Teaching and Learning guna menaikkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV SDN Sungai Lulut 7. 2) Mengetahui kelayakan Pengembangan Video Pembelajaran melalui metode Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV SDN Sungai Lulut 7. 3)Mengetahui peningkatan minat belajar siswa di SDN Sungai Lulut 7. Jenis studi ini adalah Research and Development (R&D) melalui penggunaan teknik pengembangan 4D (four-D). Tahapan penelitian pengembangan ini ada empat, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Hasil penilaian data validasi oleh validator diperoleh persentase ahli intrumen yakni berada di kategori sangat layak, ahli materi dengan kategori sangat layak, ahli media dengan kategori sangat layak, ahli naskah dan Bahasa dengan kategori sangat layak. Tes percobaan yang dilakukan kepada siswa menunjukkan bahwa skor keseluruhan reponden berjumlah 14 dengan kategori sangat layak. Hasil pengujian meningkatkan minat belajar siswa dikategorikan sedang. Dari hasil uji coba sebelumnya bisa ditemukan bahwa video pembelajaran mari melaksanakn salat layak digunakan sebagai video pembelajaran siswa.

Keywords


Media Pembelajaran; Video Pembelajaran; Minat Belajar; PAI

Full Text:

PDF

References


Agustini & Ngarti. 2018. Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran.

Alwaslilah, C.dkk. 2009. CTL Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa.

Andriani, Rike, & Rasto Rasto. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4, no. 1 (2019): 80.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Effendy & Wahidy. 2019. Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 03 Mei 2019.

Fadhli, Muhibuddin. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 1 (2015): 24–29.

Karsidi. R, dkk. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2018.

Maulida, Siti, Hamsi Mansur, and Fatimah Fatimah. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.” J-INSTECH : Journal of Instructional Technology 1, no. 1 (2020): 20–28.

Meilani, Rini Intansari. “Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa ( The Impacts of Students ’ Learning Interest and Motivation on Their Learning Outcomes )” 2, no. 2 (2017): 188–201.

Musya’Adah, U. “Peran Penting Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.” Aulada: Jurnal Pendidikan Dan … I, no. 2 (2019): 9–27. http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/556.

Nurita. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, Volume 03, Nomor 01, Juni 2018.

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 November 2013.

Rasyid. 2015. Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, Volume IV, Edisi 1, Juni 2015.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. “Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (The Impacts of Students’ Learning Interest and Motivation on Their Learning Outcomes).” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2, no. 2 (2017): 188–201.

Rusman, Dkk. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Syardiansyah. 2016. Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, VOL.5, NO.1, MEI 2016.

Yudianto, Arif. 2017. “Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran.” Seminar Nasional Pendidikan 2017 (2017): 234–237.

Zulaiha, Siti. “Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dan Implementasinya Dalam Rencana Pembelajaran PAI MI.” Jurnal Pendidikan Islam Vol 1, no. 1 (2016): 42–60. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/belajea/article/view/84




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.9456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License