PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI PELAJARAN TEMATIK MEMBACA PADA SISWA KELAS 1 SDN RANTAU KIWA SATU

Muhammad Sirajul Huda, Agus Salim, Susanti Sufyadi

Abstract


Jurnal ini bertujuan untuk menguraikan proses pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa di kelas 1 SDN Rantau Kiwa 1. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan Model pengembangan Kemp yang terdiri dari beberapa langkah yaitu identifikasi masalah, analisis siswa, analisis tugas, merumuskan indikator, urutan isi, pengembangan produk, riset intruksional, evaluasi instrumen dan validasi produk. Hasil Validasi media oleh dua ahli media menunjukkan nilai 3,96 dan 3,875 dengan prosentase 79% dan 76,5%, maka disimpulkan bahwa media ini layak untuk digunakan pada pembelajaran, sementara hasil uji validasi dua ahli materi menunjukan nilai 4.00 dan 4.05 dengan prosentase 80% dan 81%, maka disimpulkan bahwa media ini sangat layak digunakan untuk menunjang pembelajaran dan keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN Rantau Kiwa 1.

Keywords


Multimedia Interaktif; Pendekatan Kontekstual; Keterampilan Membaca

Full Text:

PDF

References


Ambarini, V. (2006). Kartu Pintar Huruf. Jakarta: Gramedia Jakarta.

Hasan, M. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN. Klaten: Tahta Media Group.

Kartini, D. (2014). Pengembangan Media Kartu Huruf Magneti pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Pokok Pengguasaan Kosakata pada Kelas II SDN Mojosari. E-journal Volume 1, No 1.

M. Arifin. (1995). Kapita Selekta Pendidikan (Islam Dan Umum) Jakarta:Bumi Aksara.

Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA.

Muhammad Fathurrohman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (2002). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Oemar Hamalik. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Palembang, U. P. (2017). PENGGUNAAN INTERNET MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS. Universitas PGRI Palembang.

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Rita, B. B. (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasan. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Sadiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Suartini, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Konstektual Berbantuan Alat Peraga Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Pemulaan Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Volume 2, no 1.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharjo. (2006). Mengenal pendidikan sekolah dasar teori dan praktek. Jakarta: Dikti.

Yusuf, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak dengan Problem Belajara. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Wibowo, I. S., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JURNAL GENTALA PENDIDIKAN DASAR.

Zakiyah Daradjat (1996). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Zein, M., & Utama, A. H. (2022). E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Sebagai Sumber Belajar Materi Analisis Unsur Pembangun Puisi. J-INSTECH, 3(1), 47-55.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.9457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License