PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KEWIRAUSAHAAN

Nadiya Norrani, Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, Eka Oktaviani

Abstract


Rendahnya minat belajar mahasiswa disebabkan oleh media pembelajaran yang kurang bervariasi dan metode pembelajaran yang konvensional. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan video pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe untuk menarik minat belajar mahasiswa pada mata kuliah kewirausahaan, (2) Mengetahui minat belajar mahasiswa sebelum dan sesudah penggunaan video pembelajaran pada mata kuliah kewirausahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan metode pengembangan Borg and Gall. Tahap pengembangan Borg and Gall yang telah peneliti modifikasi yaitu, penelitian awal dan pengumpulan informasi, perencanaan, pembuatan produk awal, validasi ahli, uji lapangan awal dan revisinya, uji lapangan utama dan revisinya, serta penyempurnaan produk akhir dan desiminasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sangat layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli instrumen penelitian sebesar 100% dengan kategori "Sangat Layak. (2) Video pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe ini sangat layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media sebesar 98,80% dengan kategori "Sangat Layak", Ahli materi sebesar 97,33% dengan kategori "Sangat Layak", ahli naskah & bahasa sebesar 93, 22% dengan kategori "Sangat Layak", (3) Video pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe ini mendapat respon yang baik oleh mahasiswa berdasarkan angket kepraktisan media pada uji coba lapangan awal sebesar 88,86% dengan kategori "Sangat Praktis" dan uji coba lapangan utama sebesar 80,1% dengan kategori "Sangat Praktis", (4) Video pembelajaran berbasis Sparkol VideoScribe dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa berdasarkan hasil N-Gain sebesar 0,37 dengan kategori "Sedang". Maka dapat dinyatakan bahwa media yang telah dikembangkan sangat layak digunakan dan dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa.

Keywords


Video Pembelajaran; Sparkol Videoscribe; Kewirausahaan; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Achru P, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012.

Almuazam, B. G. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video Pembelajaran “Rifan Anak Merdeka” Terhadap Hasil Belajar Bahasa Jawa Kelas VI MI Diponegoro 03 Karangklesem. Universitas Negeri Semarang.

Arsyad, A. (2011). Media Pengajaran. PT. RajaGrafindo Persada.

Azizah, A. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Perdagangan Internasional di SMA Batik 2 Surakarta.

Fadhilah, H. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Penjasorkes (Senam) untuk Meningkatkan Minat Belajar Kepada Siswa Kelas V SDN Sekumpul Martapura. In Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents. Universitas Lambung Mangkurat.

Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Educational Technology. Lawrence Erlbaum Associates.

Khanifatul. (2013). Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Kustandi, C., & Sujipto, B. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Ghalia Indonesia.

Mansur, H., Utama, A. H., & Sari, N. (2021, December). The SAMR Model Online Learning Quality Improvement Training For Working Group Head Elementary School at North Banjarmasin District. In 2nd International Conference on Education, Languages, Literature, and Arts (ICELLA).

Pribadi, B. A. (2011). Model Assure untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Dian Rakyat.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194.

Sabri, M. A. (2010). Psikologi Pendidikan. Pedoman Ilmu Jaya.

Sanchaya Hendrawan, J., & Sirine, H. (2017). PENGARUH SIKAP MANDIRI, MOTIVASI, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 2477–3824. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/8971/7517.

Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Teknologi Pembelajaran : Definisi dan Kawasannya. Universitas Negeri Jakarta.

Setiti, S., & Ratumbuysang, M. F. N. G. (2019). Teori Kewirausahaan. CV. Penerbit Artikata.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Taufiq, A. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Tinggi dan Makna Kuliah Bagi Mahasiswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 10(1), 40. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/938.

Wahyana, R. (2018). Pengembangan video pembelajaran menggunakan ProShow pada materi satuan ukur dan berat. Skrip.Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 203–211.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.9459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License