PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMA

Nor Ajizah, Adrie Satrio, Rafiudin Rafiudin

Abstract


Perpustakaan sebagai sumber belajar sangat penting bagi guru dan siswa, serta sangat efektif dan efesien apabila didukung dengan pengelolaan perpustakaan yang baik dan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi faktual, hambatan, serta upaya dalam pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan dari segi faktual pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar sudah berjalan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari aspek koleksi perpustakaan, aspek sarana dan prasarana perpustakaan, serta aspek pelayanan perpustakaan. Hambatan dalam pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar adalah pemustaka kurang memanfaatkan koleksi perpustakaan sekolah, kurangnya sarana dan prasarana penunjang perpustakaan sekolah, kurangnya kepedulian pemustaka terhadap barang dan ruang perpustakaan sekolah, dan pelayanan perpustakaan masih bersifat hybrid. Upaya yang dilakukan perpustakaan sekolah untuk mengatasi hambatan dalam pengelolaan perpustakaan adalah mendorong siswa untuk memanfaatkan perpustakaan semaksimal mungkin, membuat proposal anggaran untuk pengembangan sarana dan prasarana, memberikan edukasi tentang tata tertib perpustakaan, dan meningkatkan pelayanan setiap saat. Penelitian ini direkomendasikan untuk sekolah hendaknya melengkapi keperluan fasilitas yang menunjang pelaksanaan pelayanan perpustakaan sekolah.

Keywords


Pengelolaan; Perpustakaan; Sumber Belajar

Full Text:

PDF

References


Apriyani, D., Harapan, E., & Hotman. (2021). Manajemen Perpustakaan Sekolah Dasar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), Vol. 6, No.1 , (pp.132–139).

Hanafi, M. (2015). Konsep Dasar dan Perkembangan Teori Manajemen. Universitas Terbuka.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing.

Hermawan, W., & Prayoga, A. (2020). Implementasi Pengelolaan Perpustakaan Di Madrasah Swasta. Jurnal Manazhim, Vol. 2, No. 1, (pp.29–44).

Mansur, H., Utama, A. H., & Sari, N. (2021, December). The SAMR Model Online Learning Quality Improvement Training For Working Group Head Elementary School at North Banjarmasin District. In 2nd International Conference on Education, Languages, Literature, and Arts (ICELLA).

Permendiknas. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan (pp. 1-67). Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional, Kemendikbud.

Rokan, M. R. (2017). Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Iqra’, Vol. 11, No. 1, (pp.88–100).

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Susilawati, E., Abdurakhman, O., & Maryani, N. (2021). Manajemen Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar di Madrasah Aliyah. Jurnal Tadbir Muwahhid, Vol. 5, No. 2, (pp.219–243).

Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus: (Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya). Madura: UTM Press.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.9460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License