PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CARRD.CO UNTUK MENYONSONG PENDIDIKAN DI ABAD 21

Raudah Raudah, Hamsi Mansur, Adrie Satrio

Abstract


Carrd.co merupakan platform yang digunakan untuk membuat personal profil, landing page, dan media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif carrd.co dapat memfasilitasi proses pembelajaran dalam menyonsong pendidikan di abad 21 karena dikembangkan dengan strategi pembelajaran menggunakan kompetensi critical thingking, creativity, communication, dan collaboratively. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar serta kualitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan dan pengambilan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif deskriptif dan menggunakan skala likert untuk perhitungan hasil dari ahli materi dan ahli media serta uji n-gain untuk perhitungan peningkatan motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif carrd.co bisa dan layak sebagai media pembelajaran yang menyonsong pendidikan di abad 21 dalam memberikan peningkatan terhadap motivasi belajar dan kualitas peserta didik. Oleh karena itu, pendidikan di abad 21 dapat didukung melalui pengembangan media pembelajaran interaktif carrd.co dengan pengebangan media yang memuat poin 4c yang terdapat dalam kompetensi abad 21 (learning and inovation skill), diantaranya meliputi critical thingking, creativity, communication dan collaboratively. Sebagai rekomendasi untuk media pembelajaran carrd.co yang telah dihasilkan untuk dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan fitur yang masih kurang untuk peserta didik dan guru agar dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya dalam mendukung proses pembelajaran.

Keywords


Media Pembelajaran; Interaktif; Card.Co

Full Text:

PDF

References


Akbar & Noviani. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana (PPS) Universitas PGRI Palembang, Mei, 20.

Faizarteta. (2020). Cara Mudah Membuat Website dengan Carrd.co. Diakses 20 Januari 2022, dari https://infoteknikindustri.com/2020/09/cara-menggunakan -carrd.html.

Febrita, Y & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5, 182.

Hake R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Division. D, Measurement and Research Methodology.

Miarso, Y. (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Miskayat. 3 (1), 173.

Redhana, I.W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 Dalam pembelajran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13 (1), 2241-2242.

Seels dan Rechey. (1994). Instructional Technology: The definition and Domains of the field. Association for Education and Technology Washington DC.

Septikasari, R. & Frasandi, R.N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-awlad, 8 (2), 108.

Setyadi, D & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8 (1), 1.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S.et.Al. (1974). Insructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Bloomington Indiana University.

Trilling, B & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills. San Francisco: Jossey-Bass.

Widyastuti, dkk. (2020). Pengantar Teknologi Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Wijaya, y.e., sudjimat, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1 (263278).




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.9462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License