PENGEMBANGAN WEB PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH BISNIS RITEL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP ULM

Yuda Ari Pamungkas, Adrie Satrio, Rafiudin Rafiudin

Abstract


Web pembelajaran merupakan salah satu bentuk alternatif pembelajaran pada zaman kini. Kemudahan akses yang bisa dimanapun dan kapanpun membuatnya bisa digunakan dalam bidang apapun, tidak terkecuali dunia pendidikan.  Penggunaan Web pembelajaran di perguruan tinggi juga bisa mendorong minat belajar mahasiswa terlebih pada mata kuliah yang lumayan sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengembangan web pembelajaran mata kuliah Bisnis Ritel, kelayakan pengembangan web pembelajaran pada mata kuliah Bisnis Ritel dan mengukur peningkatan minat belajar pada mahasiswa tersebut. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode (R&D) atau Research and Development dengan model pengembangan 4D yaitu tahapannya Define, Design, Development dan Disseminate. Hasil penelitian menunjukan hasil uji validasi media sebesar 92,98% dan uji validasi materi sebesar 91,32% serta uji respon mahasiswa mendapatkan 87,11% yang dapat dikategorikan “Sangat Layak”. Selanjutnya hasil uji coba lapangan mendapatkan nilai rata-rata n-gain dengan nilai 0,7% yang tergolong pada kategori tinggi. Sehingga bisa disimpulkan bahwa web pembelajaran layak digunakan dan mampu meningkatkan minat belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP ULM pada mata kuliah Bisnis Ritel.

Keywords


Web Pembelajaran; Bisnis Ritel; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Bakti, Surya, Nelly Astuti Hasibuan, Lince Tomoria Sianturi, and Ronda Deli Sianturi.“Perancangan Aplikasi Pembelajaran Corel Draw X3 Mengunakan Metode WEB Based Learning (WBL).” Jurnal Riset Komputer (JURIKOM) 3, no. 4(2016):32–35.

Friyadie.“Internet Menurut Anhar(2017).”Kesuma & Rahmawati Brady,(2016): 8–22.

Haryanto. (2015). Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Mansur, H., Utama, A. H., & Mastur, M. (2020). Evaluasi Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Muatan Lokal Lahan Basah di Sekolah-Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) Se-Kota Banjarmasin.

Martianingtiyas, E. D. (2019). “Research and Development (R&D): Inovasi Produk dalam Pembelajaran”.

Miarso, Yusufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Poon, Wai Ching, Kevin Lock Teng Low, and David Gun Fie Yong. “A Study of Web Based Learning (WBL) Environment Malaysia.”International Journal of Educational Management 18, no. 6 (2004): 374–385.

Seel, & Richey. (1994). Insructional Technology :The Definition and Domain of the Field. Diterjemahkan oleh Dra. Dewi S. Prawiradilaga, M.Sc dkk. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Situmang, Dr.Robinson. “Cakupan, Konsep, Kawasan Teknologi Pendidikan, Dan Perkembangan Kekinian (2004)”(2004): 1–90.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License