Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Kognitif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Kuliah Pemasaran
Abstract
Video pembelajaran merupakan pembelajaran yang menyajikan audio visual yang berisi materi pembelajaran. Video pembelajaran dapat memudahkan pembelajaran untuk menyampaikan pesan-pesan pelajaran dan dapat di gunakan kapan-pun dan dimana-pun. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan video pembelajaran menggunakan pendekatan kognitif dan peningkatan minat belajar pada mata kuliah Pemasaran. Penelitian ini mengunakan metode Research and Development (R&D) menggunakan model 4-D (Four D models). Hasil penelitian pada tahap pengembangan oleh ahli instrumen, ahli naskah bahasa, ahli media dan ahli materi termasuk dalam kategori sangat layak, serta respon peserta didik dalam kategori layak. Kemudian video pembelajaran menggunakan pendekatan kognitif di ujicobakan kepada 19 orang peserta didik untuk meningkatkan minat belajar dan menghasilkan rata-rata N-Gain dengan nilai 0,64 yang termasuk kedalam kategori sedang. Sehingga video pembelajaran menggunakan pendekatan kognitif yang telah dikembangkan layak digunakan dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada kuliah pelajaran Pemasaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, B., & Poerwanto, B. (2017). Motivasi Dan Hasil Belajar Statistika Menggunakan Multimedia Pembelajaran Program Studi Teknik Informatika Uncp. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, November 2017, 1. http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/704.
Anshor, S., Sugiyanta, I. G., & Sri, R. K. U. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Penelitian Geografi, 3(7), 19.
Barbara B. Seels and Rita C Richey, TEKNOLOGI PEMBELAJARAN (Jakarta: Universitas Negri Jakarta, 1994), 3–4.
Erlando Doni Sirait, “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika,” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6, no. 1 (2016): 3–4. Eugene A. Nida, “No TitleΕΛΕΝΗ,” Αγαη 8, no. 5 (1991): 6.
Ferdiansyah, Rukun, K., & Irfan, D. (2020). Website-Based Learning Media Development for Computer and Basic Network. Social Sciences, Education and Humanities (GCSSSEH), 57. History, Article. “Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN” 7, No. 2 (2020): 157–164.
Jannah, Fathul, Hamsi Mansur, and Mastur. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Pada Siswa Sekolah Dasar” 2, no. 1 (2021): 1–9.
Mahmun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37 : 27.
Nurdyansyah, N. “Sumber Daya Dalam Teknologi Pendidikan.” Universitas Negeri Surabaya (2017): 1–22. http://eprints.umsida.ac.id/1625/1/Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan.pdf.
Pratomo, A., & Irawan, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin dan Peck. Jurnal POSITIF, 15.
Rizal Farista and Ilham Ali M, “Pengembangan Video Pembelajaran,”Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 53, no. 9 (2018): 4, http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1267.
Sando Siyoto. Dasar Metodologi Penelitian (yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015), 55.
Samsu, Metode Penelitian: Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development, Diterbitkan Oleh: Pusat Studi Agama Dan Kemasyarakatan (PUSAKA), 2017, 173.
Sutarto Sutarto, “Teori Kognitif Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran,” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 1, no. 2 (2017): 1–3.
Tabroni, Tabroni. “Upaya Menyiapkan Pendidikan Yang Berkualitas.” Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin 6, no. 5 (2013): 54–67.
Thiagarajan, S.et.Al. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington Indiana University.
Warsita, “Perkembangan Definisi Dan Kawasan Teknologi Pembelajaran Serta Perannya Dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran,” 5–6.
DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9773
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License