PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SMP

Riska Najamiatul Aulia, Mastur Mastur, Agus Hadi Utama

Abstract


Permasalahan yang terjadi dalam proses belajar yaitu kurang maksimalnya penyampaian materi, media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang ada disekolah, dan Kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu Mendeskripsikan proses tahapan video pembelajaran pada mata pelajaran IPA, Menganalisis bagaimana kelayakan media video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, Membuktikan pengembangan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah  Research and evelopment (R&D) dan modelnya pengembangan 4D (four-D), terdiri dari 4 tahapan, yaitu; define, design, develop, dan disseminate. Berdasarkan hasil penilaian kedua ahli materi dapat diperoleh dari validator I sebesar 92% dengan kategori “sangat layak” dan validator II sebesar 93% dengan kategori “sangat layak”, hasil penilaian kedua ahli media dapat diperoleh dari validator I sebesar 90% dengan kategori “sangat layak” dan validator II sebesar 86% dengan kategori “ layak”, hasil penilaian ahli naskah dan bahasa dapat diperoleh dari validator sebesar 86% dengan kategori “layak”, peningkatan hasil belajar siswa mendapat nilai gain sebesar 0.9 dengan kategori “Tinggi”. Dari hasil penelitian data disimpulkan bahwa video pembelelajaran Ilmu Pengetahuan alam layak digunakan sebagai video pembelajaran bagi siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar dalam kategori tinggi.

Keywords


Video Pembelajaran; Hasil Belajar; IPA

Full Text:

PDF

References


Anshor, S., Sugiyanta, I. G., & Sri, R. K. U. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Penelitian Geografi, 3(7), 19.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1).

Fatimah, F. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Dikelas V SDN 10 Biau. Jurnal Kreatif Online, 5(4).

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 181.

Gayatri, A. M., & Ningtyas, S. I. (2017). Peningkatan Minat Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Permainan Ular Tangga Pada Pelajaran Kewirausahaan Di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi penelitian peserta didik Kelas X di lokasidi Jakarta Timur, Tangerang Selatan, dan Depok). Research and Development Journal of Education, 4(1).

Mansur, H., & Rafiudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37-48.

Mahmun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Danimplementasinya Dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37 : 27.

Purwono, J. dkk. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Pratomo, A., & Irawan, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin dan Peck. Jurnal POSITIF, 15.

Sadiman, S. dkk. (1986). Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No.6 MediaPendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : CVRajawali.

Sugiyono.(2013).MetodePenelitianPendidikan.Bandung:Alfabet.

Suharjana, A. (2008). Mengenal bangun ruang dan sifat-sifatnya di sekolah dasar. Jakarta: Pusat pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Yumi, M. (2018). Media & Teknologi Pebelajaran ( sitti F. S. Sirate (ed.); Pertama). Prenadamedia group.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License