PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS X DI SMA

Adella Maira Amelia, Hamsi Mansur, Zaudah Cyly Arrum Dalu

Abstract


E-learning yang dikembangkan berfungsi sebagai komplemen pembelajaran dan pemecahan masalah di kelas yaitu begitu banyaknya materi yang harus dikejar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal oleh peserta didik dan guru. E-learning memungkinkan peserta didik belajar dimanapun dan kapanpun, dan mengakses ke materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran sejarah serta penggunaan e-learning untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini mengunakan metode R&D dengan model ADDIE. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantatif dan kualitatif. Subjek dari penelitian ini peserta didik kelas X SMAN 5 Banjarmasin, dan objek dari penelitian ini e-learning. Sehingga dapat disimpulkan e-learning dikategorikan “sangat layak” digunakan dalam membantu proses pembelajaran peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas X SMAN 5 Banjarmasin.

Keywords


E-Learning; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, F. P. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran E-learning Dengan Media Kahoot Terhadap Kemampuan Analisis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Islam Al Azhar Semarang. SOSIOLIUM, 72-83.

Fahrurrozi, M. &. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tinjauan Teoretis dan Praktik. Universitas Hamzanwadi Press.

Hamalik,. (2014). Teacher Education Based on Competency Approach. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hignasari, . V. (2020). Pengembangan e-learning dengan metode self-assessment untuk meningkatkan hasil belajar matematika mahasiswa universitas Mahendradatta. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran,, 206-219.

Imam Widodo, M.6(2018). Pengembangan E-learning Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Teknologi1Pendidikan,13-24.

Lulu Syahrina Syafrida, H. M. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Virtual Karakter Pada Mata Kuliah E-Commerce Dan Networking Bisnis Dengan Pendekatan Deduktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat. Journal of Instructional Technology, 45-52.

Munandar, A. H. (2017). Pengembangan E-learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Pemahaman Isi Teks Anekdot pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1-12.

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar : Teori dan Aplikasinya di Sekolah. Depok: Prenadamedia Group.

Rafiudin, R. M. (2021). Pelatihan pengembangan bahan ajar elektronik (e-book) di SMKN 1 Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 9-15.

Sugiono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Sulo, U. T. (2015). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License