PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI FLASH TATA CARA MEMANDIKAN JENAZAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 BANJARMASIN

Muhammad Balya, Agus Salim, Agus Hadi Utama

Abstract


Teknologi pembelajaran diharapkan mampu dijadikan sebagai salah satu cara untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Tujuan pengembangan multimedia pembelajaran animasi flash pengurusan jenazah ini yaitu menghasilkan produk yang berperan dalam fleksibilitas belajar personal dan yang layak untuk digunakan. Produk multimedia pembelajaran animasi flash ini mencakup materi berupa dialog, teks, audio, video, animasi, dan gambar. Metode Penelitian yang digunakan yakni jenis penelitian kualitatif dengan model pengembangan yang digunakan ialah model 4D. Penelitian ini menggunakan model dari pengembangan multimedia pembelajaran menurut Thiagarajan dengan 4 tahapan, yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Hasil pengembangan multimedia pembelajaran animasi flash pengurusan jenazah ini mendapatkan respon positif dari pengguna guru dan siswa, serta sangat layak digunakan untuk siswa kelas XI SMK Negeri 2 Banjarmasin setelah di validasi oleh ahli pakar media dan materi (expert judgement).

Keywords


Media Flash; Multimedia Pembelajaran; PAI

Full Text:

PDF

References


Andriyanto. Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash 8.0 Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri Kebumen 01 Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Diakses dari http://repository.uksw.edu/bitstream/handle/123456789/772/T1_292005257 _BAB%20I.pdf?sequence=2.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamid, H. (2013). Pengembangan Sistem Pendidikan Di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Mansur, H., Rafiudin, R., Mastur, M., Utama, A. H., & Satrio, A. (2019). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Bagi Guru-Guru SMKN 1 Banjarmasin.

Mansur, H., Sofyan, A., Mastur, M., Rafiudin, R., & Utama, A. H. (2018). Pelatihan Pengembangan Media Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Sesuai Dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang: Akademia Permata, 67.

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prennada Grup.

Nurdyansyah & Luly Riananda. (2016). Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo, Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology. Jurnal TEKPEN, 929-930.

Prawiradilaga, D. S. (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Rahmadi. Modul Media Pembelajaran Flash. Diakses dari https://teknikmultimedia.files.wordpress.com/2013/08/modul-pembuatan- media-pembelajaran-menggunakan-macromedia-flash-8.pdf.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Surono. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Pada Kompetensi Mengelas Dengan Oksi Asitilen di SMK Muhammadiyah Prambanan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Usman, H., & Setiady, P. (2006). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License