PEMANFAATAN MODUL BELAJAR LITERASI DAN NUMERASI PADA MATA PELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 5 SDN TELAGA BIRU 9

Muhammad Ridha Anshary, Mastur Mastur, Agus Hadi Utama

Abstract


Literasi numerasi merupakan suatu bentuk yang dimiliki oleh guru dalam menyampaikan dan menganalisa hitungan matematika dalam kegiatan pembelajaran melalui proses perhitungan. Studi ini difokuskan pada kajian teoritis pemanfaatan modul belajar literasi dan numerasi pada mata pelajaran tematik siswa kelas 5 SDN Telaga Biru 9. Berdasarkan hasil temuan dilapangan pemanfaatan modul belajar literasi dan numerasi terdapat faktor penghambat yang dipengaruhi dari faktor guru dan siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan dan dampak dari pemanfaatan modul belajar literasi dan numerasi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa karena kelas 5 di SDN Telaga Biru 9. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan modul belajar literasi dan numerasi di SDN Telaga Biru 9 untuk menunjang proses berpikir siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari siswa menjadi senang, semangat dan mempunyai motivasi dalam belajar.

Keywords


Modul Belajar; Literasi & Numerasi; Kurikulum MBKM; Tematik SD Kelas V

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Y. D. (2020). Modul Pembelajaran SMA Matematika Umum Kelas X. Jakarta; Direktorat SMA , Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Abdurahman, Dudung. (2003). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Ali Imran. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Jaya.

Anitah.W,Sri., dkk. (2009). Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta; Penerbit Universitas terbuka.

Arikunto, Suharsimi. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aulia, Annisa Rizki. Hamsi Mansur, Rafiudin, Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Pkn Sekolah Dasar, Universitas Lambung Mangkurat: Journal of Instructional Technology J-INSTECH Vol. 1, No. 1, Januari 2020 (53-59).

Azwar, Saifuddin, (2008). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pelajar Offset.

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain, (2010), Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Imam, (2013), Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Farisa Khairisofa, (2017), “Pengembangan Modul Pembelajaran Membaca Permulaan Untuk Anak Berkesulitan Belajar Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 2, Bero, Terucuk, Klaten”, Yogyakarta.

Fiangga, S., M. Amin, S., Khabibah, S., Ekawati, R., & Rinda Prihartiwi, N. (2019). Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah: Universitas Negeri Surabaya.

Ghazali, Syukur. (2010). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamalik, Oemar, (2008). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Han, Weilin,dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Heinich, Robert. (2006). Technologr utd the Management of lrctructl. ort Monograph, Washington DC: Association for Educational Communication and Technology.

Innany Mukhlishina, “Modul Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Cerita Petualangan Untuk Siswa IV Sekolah Dasar”(Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD). Vol, 5, No 2, 2017.

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus.

Khuluqo, Ihsana El. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid, Abdul. (2014), Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mansur, Hamsi. Mastur, Andri Satrio, Agus Hadi Utama, Sulistyo Rini, (2021). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Prodi Teknologi Pendidikan, Sidoharjo: Nizamia Learning Center.

Moleong, Lexy J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mudjiono, Dimyati. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Miarso, Yusufhadi, (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nadhila Ashri, Dewi dan Heni Pujiastuti, (2021). Literasi Numerasi pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Unimus: Jurnal Karya Pendidikan Matematika.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Nurjanah, Maya, Diah Tara Dewi, dkk. (2022). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 SD/MI. Jurnal Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah.

Nawawi, Ahmad. Hamsi Mansur, Agus Hadi Utama, Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Pop-Up Book Materi Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Untuk Siswa SD, Universitas Lambung Mangkurat: Journal of Instructional Technology J-INSTECH Vol. 2, No. 2, Juli 2021 (22-29).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Perdana. Ryzal, Meidawati Suswandari. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal.

Puspita, Anggraini Diah, (2019), ”Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Modul Cetak Pada Siswa SMA”. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 7, No 1, Maret 2019.

Rusman, (2011). Model-model Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Seels, Barbara B. & Richey. Rita C. Richey . (2OOO). Teknologi pembelajaran Definisi dan Kawasannya Terjemahan Dewi S. Prawiradilaga, R. Rahardjo, Yust:fhadi Miarso. Jakarta: IPTPI & LPT.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pustaka Indonesia.

Sudjana, Nana. (2015). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Surakhmad, Winarno. (2004). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Tanzeh, Ahmad. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.

Thobroni, Muhammad & Mustofa, Arif, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Triyanto, Teguh. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Untari, Enry, Korelasi Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Organisasi Sekolah Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Ngawi Tahun Ajaran 2014/2015, Jurnal Media Prestasi, Vol. XV No.2 Desember 2015.

Wibowo, Nugroho. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari, Jurnal Electronics, Informatics, And Vocational Education (Elinvo), Volume 1, Nomor 2, Mei 2016.

Wiedarti, Pangesti., dan Kisyani-Laksono. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License