PEMANFAATAN CORELDRAW UNTUK MENUNJANG KREATIVITAS MAHASISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN MANDIRI

Hayatun Nisa, Jumadi Jumadi, Mastur Mastur

Abstract


Pemanfaatan CorelDRAW mampu menunjang kreativitas mahasiswa dengan berperan sebagai sarana untuk menuangkan ide kreatif, serta menggugah rasa ingin tahu sehingga membuat kreativitas mahasiswa terus berkembang selama melakukan kegiatan pembelajaran mandiri. Belajar mandiri perlu dilakukan oleh mahasiswa mengingat adanya inovasi sistem pembelajaran yang menuntut mereka untuk menguasai berbagai kompetensi agar bisa menjadi lulusan yang kompeten. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebermanfaatan CorelDRAW dalam menunjang kreativitas mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran mandiri. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menelaah 11 jurnal dan 2 skripsi yang paling relevan dengan topik penelitian. CorelDRAW dipilih karena memiliki tools untuk membuat objek vektor, menggambar ilustrasi, memanipulasi gambar bitmap, memberi efek, serta membuat dan mengkreasikan teks. Dengan kemampuan tersebut, CorelDRAW tergolong media yang layak digunakan mahasiswa untuk menunjang kreativitas dalam kegiatan pembelajaran mandiri yang mereka lakukan. Hasil penelitian menunjukkan jika pemanfaatan CorelDRAW mampu meningkatkan kreativitas mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan manfaat yang didapat mahasiswa setelah menguasai aplikasi CorelDRAW. Berdasarkan hasil studi pustaka, diketahui jika mahasiswa mampu menuangkan ide kreatif mereka menjadi desain poster, spanduk, brosur, ID card, X Banner, serta postingan instagram melalui pemanfaatan aplikasi CorelDRAW. Dengan demikian, CorelDRAW tergolong media yang layak digunakan dalam pembelajaran mandiri, karena kekayaan tools-nya mampu menggugah rasa ingin tahu sehingga membuat kreativitas mahasiswa terus berkembang.

Keywords


Infografis; Corel Draw; Pembelajaran Mandiri

Full Text:

PDF

References


Alit, R. & Putra, C.A. 2018. Implementation CorelDRAW as the Idea of Entrepreneurial Student Boarding School Al-Iqbal Surabaya with Lean Startup Approach. International Seminar of Research Month, 2017: 383–388.

Amrullah, S., Tae, L.F., Irawan, F.I., Ramdani, Z. & Prakoso, B.H. 2018. Studi Sistematik Aspek Kreativitas dalam Konteks Pendidikan. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2): 187–200.

Bastari, K. 2021. Belajar Mandiri dan Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik, Antara Tuntutan Dan Tantangan. Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1): 68–77. Tersedia di https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.430.

Budiarta, I.G.M. & Sila, I.N. 2022. Pemanfaatan Aplikasi CorelDRAW Sebagai Media Pembelajaran Pada Kuliah Desain Komunikasi Visual Prodi Pendidikan Seni Rupa Undiksha. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 12(2): 115–128.

Cheng, E.C.K. 2011. The Role of Self-regulated in Enhancing Learning Performance. International Journal of Research and Review, 6(1): 1–16.

Chou, P. 2012. Effect of Students ’ Self Directed Learning Abilities on Online Learning Outcomes : Two Exploratory Experiments in Electronic Engineering Department of Education. International Journal of Humanities and Social Science, 2(6): 172–179.

Collard, P. & Looney, J. 2014. Nurturing creativity in education. European Journal of Education, 49(3): 348–364.

Fakhritdinovna, S.S. 2021. Efficiency of the Use of Graphic Programs (Autocad, Compass, CorelDRAW) in Higher Technical Education. Journal NX, 7(03): 52–55.

Fatmawati 2022. Kreativitas dan Intelegensi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5): 188–195. Tersedia di https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6562.

Hasibuan, A.A., Chanifah, N., Fitrahayunitisna, Hambali, M. & Noor, A.M. 2022. Desain Grafis Dalam Pengembangan Kreativitas Santri di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Quran “Oemah Al-Quran” Merjosari Lowokwaru Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1): 36–41.

Isnawati, N. & Samian 2015. Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1): 128–144.

Istiqlal, A. 2018. Kontribusi Belajar Mandiri Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, 1(1): 1–7.

Jin, X., Jiang, Q., Xiong, W., Pan, X. & Zhao, W. 2022. Using the Online Self-Directed Learning Environment to Promote Creativity Performance for University Students. Educational Technology and Society, 25(2): 30–147.

Lemmetty, S. & Collin, K. 2021. Self‐Directed Learning in Creative Activity: An Ethnographic Study in Technology‐Based Work. Journal of Creative Behavior, 55(1): 105–119.

Lestari, I. & Zakiah, L. 2019. Kreativitas dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.

Nuris, D.M. & Istyaningputri, C.M. 2021. The Factors That Influence the Independent Learning of Accounting Students at a Vocational High School. International Research Conference on Economics and Business, 2021: 49–58.

Oishi, I.R.V. 2020. Pentingnya Belajar Mandiri Bagi Peserta Didik Di Perguruan Tinggi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1): 108–112.

Rahmawati, L., Jumadi & Ikhsan, J. 2018. E-Learning dan Konsep Belajar Mandiri. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Razilu, Z. & Pangestu, S. 2022. Pelatihan Desain Infografis sebagai upaya Peningkatan Kreativitas Desain pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Amaliah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1): 54–62.

Sudiarditha, I.K.R., Nurjanah, S. & Febriyaneva, A. 2022. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kreativitas Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI IPS Ekonomi di SMA Negeri 59 Jakarta Timur. Universitas Negeri Jakarta. Tersedia di http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10638.

Toh, W. & Kirschner, D. 2020. Self-directed learning in video games, affordances and pedagogical implications for teaching and learning Weimin Toh National Institute of Education, Nanyang Technological University.

Vhalery, R., Setyastanto, A.M. & Leksono, A.W. 2022. Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal Of Education, 8(1): 185–201.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License