PEMANFAATAN APLIKASI DUOLINGO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI BAHASA INGGRIS

Rahmatullah Rahmatullah, Dian Agus Ruchliyadi, Susanti Sufyadi

Abstract


Bina  Desa  merupakan  kegiatan  pembinaan  dan  pemberdayaan  masyarakat  desa  yang  dilakukan  oleh mahasiswa  FKIP  ULM.  Pada  kegiatan  yang  dilaksanakan  di  Desa  Anjir  Pasar  Kota  II  ini  penulis melakukan  pendampingan  pemanfaatan  aplikasi  Duolingo  sebagai  media  pembelajaran  mandiri  bahasa Inggris.  Tujuan  penulisan  laporan  ini  adalah  menjelaskan  strategi,  meliputi  unsur-unsur  difusi  inovasi yang  dilaksanakan  dalam  kegiatan  pendampingan  pemanfaatan  aplikasi  Duolingo  sebagai  media pembelajaran mandiri bahasa Inggris dan menjelaskan efektivitas strategi meliputi tahapan-tahapan difusi inovasi pemanfaatan aplikasi Duolingo sebagai media pembelajaran mandiri bahasa Inggris. Metode yang digunakan  pada  penulisan  laporan  ini  ditulis  dengan  metode  deskriptif  berdasarkan  hasil  studi fenomenologi.  Metode  pengumpulan  data  dilakukan  dengan  observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi. Partisipan kegiatan ini adalah anak SD-SMA. Teknik analisis data dilakukan 3 (tiga) tahap, yaitu tahap Bracketing, tahap Horizontalization, dan tahap Cluster of Meaning. Hasil laporan ini menunjukkan bahwa aplikasi  Duolingo  bisa  diterima  anak-anak  sebagai  media  pembelajaran  mandiri  bahasa  Inggris  setelah melalui proses putusan difusi inovasi.

Keywords


Duolingo; Media Pembelajaran; Pembelajaran Mandir; Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Arafat, N. (2019). Difusi Inovasi Penggunaan Aplikasi Dakwah (Studi Fenomenologi pada Pengguna Aplikasi Yaumi di Pesantren Luhur Sabilussalam Ciputat).

Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran (IV). PT. Raja Grafindo Persada.

Budiharto, R. A., & Syahroni, A. W. (2020). Pendampingan Pemanfaatan Duolingo melalui Smartphone Sebagai Alat Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Masyarakat. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 339–346.

Depdiknas. (2003). Kerangka Dasar Kurikulum. Fitriyani. (2018). Analyzing duolingo as computer-assisted language learning (call) in assisting language autonomous learner.

Hasbiansyah, O. (2005). Pendekatan Fenomenologi : Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. 56, 163–180.

Herlina, E., Yundayani, A., & Astuti, S. (2021). Penggunaan Duolingo sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. 2012, 244–253.

M.Yus, J. (2014). Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA menggunakan metode diskusi kelas IV sekolah dasar.

Matra, S. D. (2020). Duolingo Applications as Vocabulary Learning Tools. Journal of English Literature, Linguistic, and Education, 1(1), 46–52. https://englishtest.duolingo.com.

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan (2nd ed.). Prenadamedia Group.

Mudjiman, H. (2011). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Pustaka Pelajar.

Nisrokha. (2020). Difusi Inovasi dalam Teknologi Pendidikan. Jurnal Madaniyah, 10, 173–184.

Nugra, A. D., & Ardiyani, D. K. (2021). Autonomous learning melalui aplikasi duolingo untuk melatih keterampilan menyimak bahasa jerman Siswa SMA. 1, 177–182.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.

Nursyamsiah, E. (2021). Penerapan Media Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 3 Agrabinta Cianjur. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 67–77.

Oishi, I. R. V. (2020). Pentingnya belajar mandiri bagi peserta didik di Perguruan tinggi. 4(2), 50–55.

Purba, N. A., & Saragih, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Aplikasi Duolingo Dalam Pembelajaran Online. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 32–38. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index .

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. PT. Grasindo.

Rasyad, R. (2014). Penerapan Pencocokan String dalam Aplikasi Duolingo.

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovation (5th ed.). Free Press.

Samsu. (2021). Metode Penelitian : Teori & Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research and Development (Issue June).

Sariakin. (2015). Model Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis ICT (Information and Communication Technology) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sma. Visipena Journal, 6(2), 132–140.

Sasmitha, I., & Thamrin, H. (2022). Meningkatkan minat belajar bahasa inggris dengan aplikasi duolingo sebagai media interaktif di rumah pintar yafsi. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat …, 732–737. https://jurnal.politap.ac.id/index.php/literasi/article/view/399.

Seels, B. B., & Richey, R. C. (2000). Instructional technology: The definition and domains of the field.

Setiawan, A., Mansur, H., & Mastur. (2020). Pengembangan E-learning Academiana Berbasis Moodle untuk Mata Kuliah Komunikasi Pendidikan, Journal of Instructional Technology., 1(1), 13–19.

Silmi, M. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Duolingo Sebagai Media Untuk Belajar Bahasa Inggris. Telaga Bahasa, 7(2), 231–240. https://doi.org/10.36843/tb.v7i2.59.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryani, N. Y., Rifaat, A. A., & Fitri, A. (2022). Belajar Bahasa Inggris Mandiri Menggunakan Aplikasi Duolingo Bagi Anak-Anak Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 745–755.

Widyastuti, M., & Kusumadewi, H. (2018). Penggunaan Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Kamampuan Kosakata Bahasa Inggris Pada Tenaga Pengajar Bimbingan Belajar Omega Sains Institut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 237–244.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License