PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN YOUTUBE UNTUK MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pada dasarnya pemanfaatan media video pembelajaran Youtube merupakan suatu bentuk adaptasi teknologi pembelajaran sesuai perkembangan zaman dengan upaya untuk meningkatkkan mutu pembelajaran. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran media video pembelajaran Youtube sebagai penunjang proses pembelajaran. Pemanfaatan media video pembelajaran Youtube dapat menunjang proses pembelajaran dengan berperan sebagai perantara penyampaian materi yang dapat menunjang proses pembelajaran di kelas menjadi lebih menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah 15 literatur yang terdiri dari 12 jurnal dan 3 skripsi yang relevan dengan topik penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan media video pembelajaran Youtube dinilai berdampak positif dan efektif digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Hal ini berdasarkan pengalaman peneliti selama mengikuti Kampus Mengajar di SDN Telaga Biru 9, dan berdasarkan hasil studi pustaka diketahui dengan adanya media video pembelajaran Youtube siswa mampu mencapai kemampuan dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran Youtube berperan penting dalam kegiatan pembelajaran karena dapat menunjang proses pembelajaran, diantaranya guru dapat mencapai tujuan pembelajaran, mengurangi hambatan belajar siswa, dan siswa dapat mencapai tujuan belajar yang diharapkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anshor, S. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Aktivitas & HAasil Belajar Geografi. 1–9.
Arsyad Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Batubara, H.H. & Ariani, D.N. 2016. Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1): 47–66.
Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (1st ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI. https://doi.org/10.31219/osf.io/ujmte.
Fallo, D.N., Tangi, H. & Boelan, E.G. 2021. Pemanfaatan Media Video Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pada Materi Sistem Koloid Kelas Xl IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2020 / 2021. Uiversitas Katolik Widya Madira Kupang.
Hardianti & Asri, W.K. 2017. Keefektifan Penggunaan Media Video dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMAN 11 Makassar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2): 123–130.
Herniyanti & Gundo, A.J. 2014. Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Mengenai Menu dan Ikon Ms.Excel Untuk Siswa Kelas VIII.
Insiyah & Fadhli, M. 2018. Pemanfaatan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Berwudhu Kelas 2 SDN Prambon Madiun. 5(1): 45–50.
Maymunah, S., Watini, S., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Panca, U. & Bekasi, S. 2021. Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid - 19. 5: 4120–4127.
Meilia, A.T. & Erlangga, G. 2022. Akrualisasi Program Kampus Mengajar. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 17(2): 120–128.
Ms, I.Y.A. 2019. Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Siswa Jurusan IPS Tigkat SMA Se-Banten. 2(1).
Mu’minah, L.H. 2021. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Sebagai Alternatif Dalam Pembelajaran Daring IPA Pada Masa Pandemi COVID-19. Penelitian dan Pengabdian Iovatif pada masa Pandemi Covid-19, 1197–1211.
Novita, L., Sukmanasa, E. & Pratama, M.Y. 2019. Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Prymary Education, 3(2): 64–72.
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47.
Ridwan, R.S., Al-Aqsha, I. & Rahmadini, G. 2021. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Penyampaian Koten Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 1: 38–53.
Ruslan,Rosady.2008. Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasi.Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Sari, M. 2020. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1): 41–53.
Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Teknologi Pembelajaran : Definisi dan Kawasannya. Universitas Negeri Jakarta.
Siska, J., Selviani, D. & Herianto, A. 2020. Pemanfaatan Media Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK di SMPN 14 Bengkulu Tengah. JDER Journal Of Dehasen Education Review, 1: 3–7.
Sumarni, Kaswari & Rosnita 2014. Pemanfaatan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VI.
Yuanta, F. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. 1(2): 91–100.
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Pustaka Obor Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9850
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License