Desain Pembelajaran Pedati Untuk Mengembangkan Metode Pembelajaran Daring Asinkron Selama Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi Covid-19 mengakibatkan pelaksanaan pembelajaran beralih dari tatap muka menjadi tatap maya dan atau secara daring asinkron. Pembelajaran daring asinkronus menunut baik guru dan siswa untuk dapat beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara mandiri dan kolaboratif. Bagaimanapun, salah satu strategi pembelajaran yang mandiri dan kolaboratif adalah dengan penerapan desain pembelajaran PEDATI untuk mengembangkan metode pembelajaran daring asinkron. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan desain pembelajaran PEDATI untuk mengembangkan metode pembelajaran daring asinkron di sekolah dasar (SD) Kota Banjarmasin. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa yang mengembangkan metode pembelajaran daring asinkron di sekolah dasar (SD) Kecamatan Banjarmasin Tengah, sedangkan objek penelitian ini adalah bagaimana penerapan desain pembelajaran PEDATI kedalam metode pembelajaran daring asinkron selama masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan sumber data primer adalah observasi dan wawancara dan sumber data sekunder adalah studi pustaka. Uji keabsahan data dengan Teknik triangulasi sumber data dan perpanjangan keikutsertaan informan. Teknik analisis data menggunakan model analisis jalinan Spradley. Hasil penelitian menunjukkan respon yang positif dari Lembaga mitra untuk mengikuti program perpanjangan keikutsertaan dilihat dari keefektifan sesi tanya jawab antara instruktur dan peserta pelatihan dengan kategori “sangat puas”, serta konten ruang kelas maya Google Classroom yang sudah menerapkan desain pembelajaran PEDATI dalam kategori “layak”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminah, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Matematika Diskrit dengan Blended Learning terhadap Hasil Belajar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 22. https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1456
Carey, L. & Dick, W. (2005). The Systematic Design of Instruction. Longman; New York, NY.
Cennamo Katerine & Kalk, D (2005). Real World Instructional Design. Canada: Thomson Learning, Inc.
Chaeruman, U. A., Wibawa, B., & Syahrial, Z. (2020). Development of an instructional system design model as a guideline for lecturers in creating a course using a blended learning approach. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(14), 164–181. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i14.14411
Djamarah Syaiful Bahri, & Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Husnaeni, F., & Setiawati, M. R. (2018). Pengaruh Pupuk Hayati dan Anorganik Terhadap Populasi Azotobacter, Kandungan N, dan Hasil Pakcoy Pada Sistem Nutrient Film Technique. Jurnal Biodjati, 3(1), 90-98.
Jultri, S. (2020). Desain Pembelajaran Pedati Sebagai Alternatif. 61–66.
Mansur, H., & Utama, A. H. (2021). The Evaluation of Appropriate Selection Learning Media at Junior High School. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 3(1), 17. https://doi.org/10.32585/ijimm.v3i1.1401
Rafiudin, R., Mansur, H., Mastur, M., Utama, A. H., & Satrio, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (E-Book) di SMKN 1 Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 9. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i1.1803
Salim, A., & Utama, A. H. (2020). Evaluasi Sumatif Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Tepat Guna di Sekolah Dasar (SD) Se-Kota Banjarmasin. Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 6(2), 71–78. https://rumahjurnal.net/ptp/article/download/886/561
Sells, B. B., & Richey, R. (1994). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Spradley, L. W., Stalnaker, J. F., & Ratliff, A. W. (1980). Computation of Three-Dimensional Viscous Flows with the Navier-Stokes Equations. AIAA Paper. https://doi.org/10.2514/6.1980-1348.
Utama, A. H. (2021). Model Desain Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3).
Utama, A. H. (2021). The Implementation Curriculum 13 (K-13) in Teacher's Ability to Develop Learning Media at Distance Learning. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 3(2), 56-65.
Utama, A. H., & Salim, A. (2021). Program Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Pembelajaran. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(2), 73-82.
Utama, A. H., Mansur, H., Rini, S., & Satrio, A. (2021). Pelatihan E-learning Google Classroom Bagi Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (K3SD) Kecamatan Banjarmasin Utara. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 415-424.
DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i1.7920
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License