PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS ANIMASI MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI EKOSISTEM UNTUK KELAS X
Abstract
Penelitian ini menghasilkan media infografis animasi yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran pada mata pelajaran biologi materi ekosistem. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D yang meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), serta penyebarluasan (disseminate). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta angket. Uji Validitas media infografis animasi melibatkan enam orang ahli yang terdiri dari tiga orang ahli media serta tiga orang ahli materi. Data dalam penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media infografis animasi materi ekosistem ini sudah layak untuk digunakan pada pembelajaran ekosistem karena pada proses pengembangannya mengacu ke model pengembangan 4D. Sehingga dapat dikatakan bahwa media infografis animasi sudah sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas x di SMA Negeri 1 Alalak. Media Infografis animasi yang telah dikembangkan dapat digunakan di SMA Negeri 1 Alalak dan perlu dilakukan ujicoba siswa serta evaluasi pada penelitian lanjutan atau apabila ingin digunakan disekolah lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Lee, C. (2018). Belajar Visualisasi Data dengan Grafis dan Infografis Step-by-Step. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Mansur, H., Sofyan, A., Mastur, M., Rafiudin, R., & Utama, A. H. (2017). Pelatihan Pengembangan Media Animasi Sederhana Pembelajaran Bagi Guru-Guru SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin.
Mansur, H., & Rafiuddin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4, 37-48. doi:https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443.
Sofyan, A., & Utama, A. H. (2017). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Web Adobe Dreamweaver Matakuliah Belajar dan Pembelajaran di Program Studi Teknologi Pendidikan.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.
Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana University bBoomington.
Tirtarahardja, U., & Sulo, S. L. (2015). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i1.8871
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License