EVALUASI VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN MATERI GLOBALISASI MATA PELAJARAN IPS KELAS IX

Dhanti Retno Saraswati, Sarbaini Sarbaini, Rafiudin Rafiudin

Abstract


Evaluasi media adalah suatu upaya yang dilakukan untuk memastikan bahwa media pembelajaran yang sedang dikembangkan terjamin berkualitas baik. Fungsi dari evaluasi media sendiri untuk mentukan bagaimana kelayakan isi materi pada media video animasi pembelajaran, menilai bagaimana kelayakan penyajian pada media video animasi pembelajaran, dan menentukan apakah video animasi pembelajaran layak diimplementasikan. Tujuan penelitian ini adalah, untuk menganalisis media video animasi pembelajaran materi globalisasi mata pelajaran IPS kelas IX, mengetahui kelayakan isi materi, dan untuk mengetahui kelayakan penyajian media video animasi pembelajaran materi globalisasi mata pelajaran IPS kelas IX. Metode penelitian yang digunakan yaitu evaluasi formatif. Hasil penelitian menunjukan media video animasi pembelajaran materi globalisasi mata pelajaran IPS kelas IX pada aspek kelayakan isi mendapatkan hasil dengan kategori “kurang baik” dengan presentase kelayakan materi yaitu  43,05% sedangkan pada aspek penyajian mendapatkan hasil dengan kategori“baik” dengan presentase  kelayakan media 59,31% dan sebagai rekomendasi dalam penelitian ini video animasi pembelajaran materi globalisasi mata pelajaran IPS belum dapat diimplementasikan disekolah lainnya

Keywords


Evaluasi Media; Video Animasi

Full Text:

PDF

References


Aulia Afridzal, Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar Dan Video Animasi Pada Materi Karangan Deskripsi Di Kelas III SD Negeri 28 Banda Aceh. 5(2), Agustus 2018.

Arikunto Suharsimi, Cepi Sarifudin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan, (Jakarta 2014).

Desi Saraswati (2009). Evaluasi Media Video Pembelajaran “Desaku Bukan Pribadimu” Hasil Produksi. Mahasiswa Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, 1(1), 1-8.

Mansur, Hamsi, and Rafiudin. “Pengembangan Pembelajaran Infografis Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 4.1 (2020): 37-48.

Oktarini, Erika., & Gafur, Abdul (2014). Evaluasi Majoe Djaya Formatif Pada Video Pembelajaran Produksi Eduration. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1), 40-48.

Ridwan, Muhammad, A, Adi, Kusnano, S, Maulana Arris, Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi. 9(1) Januari 2020.

Satria, D. (2018) Video Animasi Multimedia Pembelajaran Keamanan Jaringan Komputer 2D: Studi Kasus: SMK Negeri 1 Dumai. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis,9(2), 2024-2033. Wati, Ega.

Suryani, N. (2018). Media Pembelajaran Inovasi Dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i1.8865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License