EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO MENGENAL NAMA DAN TUGAS 10 MALAIKAT DI TK TAMBAN RAYA BARITO KUALA

Fadel Muhammad, Hamsi Mansur, Rafiudin Rafiudin

Abstract


Guna membangkitkan minat belajar anak, penelitian ini mengevaluasi media pembelajaran audio peran dan nama bidadari untuk melihat sejauh mana keberhasilannya terhadap kegiatan dan hasil pembelajaran. Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penelitian kualitatif digunakan dalam jenis penelitian ini. Temuan menunjukkan bahwa 88% anak merasakan lingkungan belajar yang positif, 84% merasa bertanggung jawab karena jumlah anak dalam satu kelas, 80% merasa aman dalam ide mereka, dan 73% fokus pada audio. Rata-rata anak dalam satu kelas yang memberikan jawaban pada tes memiliki hasil belajar sebesar 87,7%. Maka bisa disimpulkan. media pembelajaran audio “nama dan tugas malaikat” dinilai baik untuk digunakan dalam pembelajaran, sebagaimana dapat disimpulkan dari proses pembelajaran, aktivitas, dan hasil pembelajaran. Agar pembelajaran lebih menyenangkan dengan tetap menjaga keutuhan materi yang diajarkan, sebaiknya guru memanfaatkan sumber daya yang tersedia dan dapat menggunakan media pembelajaran audio.

Keywords


Evaluasi Media; Taman Kanak-Kanak

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S.(2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad Rizky. (2020) Evaluasi Media Pembelajaran E-book pada Bidang StudiIlmu Pengetahuan Alam SMP Negeri 24 Banjarmasin. Skripsi. Univesitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.

Dwi, Ardhani Kinasih. Pengembangan Sistem Evaluasi Pembelajaran PAUD Studi Kasus Di Paud Seruni 05 Kota Malang, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN: 2548-964x Vol.x, No. x, Juli 2017.

Friska Dwi Yusantika, dkk. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume: 3, No: 2, Hlm: 251-258.

Fadlillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD, Tinjauan Teoritik & Praktik.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Farida, Ida. (2017). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mansur, Hamsi ddk (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Menyimak Teks Wawancara Kebangsaan. Banjarmasin. Universitaas Lambung Mangkurat.

Margono, S. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Prana D. Iswara. (2016). Pengembangan Materi Ajar dan Evaluasi pada Rohani, Ahmad. 2014. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahman, Lubbuyyaqib Hidayatur. (2019). Pengembangan Media Audio Pembelajaran Mengenal Nama dan Tugas Malaikat Untuk Menarik Minat Belajar Anak Usia 4-6 Tahun Di TK. Skripsi. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Yaumi, Muhammad. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i1.8700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License