PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA INGGRIS MATERI PRESENT TENSE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEP DI SMP

Habibina Fachriawan, Hamsi Mansur, Rafiudin Rafiudin

Abstract


Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif Bahasa Inggris ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan produk multimedia pemebelajaran interaktif dengan model pembelajaran konsep materi Present Tense kelas IX. Jenis penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan pendekatan kualitatif. Model pengembangan yang digunakan adalah model Kemp yang memiliki sembilan tahapan utama, yaitu: (1) Masalah Instruksional, (2) Karakteristik Peserta Didik, (3) Analaisis Tugas, (4) Tujuan Instruksional, (5) Strategi Pembelajaran, (6) Urutan Isi, (7) Pengembangan Instruksional, (8) Penyampaian Pembelajaran, (9) Instrument Evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Multimedia pembelajaran interaktif mendapat hasil rata-rata dari angket ahli materi pada aspek kesesuaian materi 92,5% kriteria Sangat Layak, aspek kualitas materi 93% kirteria Sangat Layak, dan aspek kedalaman materi 89,98% kriteria Sangat Layak. (2) Multimedia pembelajaran interaktif ini sangat layak digunakan berdasarkan hasil rata-rata dari angket media pada aspek program 96,65%  kriteria Sangat Layak, aspek visual 90% kriteria Sangat Layak, aspek audio 100% kriteria Sangat Layak, dan aspek video 100% kriteria Sangat Layak. Maka Pengembangan multimedia pemebalajaran dinyatakan sangat layak digunakan.

Keywords


Multimedia Pembelajaran Interaktif; Model Pembelajaran Konsep; Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Abi Hamid, R. R. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Berbasis Android Pada Mater Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01 (1), 63-70.

Fahyuni, E. F. (2017). Teknologi, Informasi, dan Komunikasi. Sidoarjo: UMSIDA PRESS.

Kosassy, S. O. (2019). Mengulas Model-Model Pengembangan Pembelajaran Dan Perangkat Pembelajaran. Jurnal PPKn & Hukum, 14-1, 152-173.

Manab, H. A. (2015). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Tulungagung: Kalimedia.

Meriyanti. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Bandar Lampung: Fakta Press IAIN Raden Intan.

Musdar, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Proses SAINS Untuk Meningkatkan Keterampilan Ilmiah. Jurnal Fisika dan Pembelajarannya (Phydagogic), 3(1), 26-33.

Siti Maimunawati, M. A. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Dan Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Serang: Penerbit 3M Media Karya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY PRESS.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i2.8879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License