PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH

Hayatun Nisa, Susanti Sufyadi, Agus Hadi Utama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan bahan ajar e-book berbasis web terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dan menguji kelayakan dari e-book berbasis web dengan pendekatan problem based learning yaitu pendekatan belajar yang berfokus pada pemecahan suatu masalah terhadap siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks deskripsi kelas VII di MTs Al-Ikhwan Banjarmasin. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian R&D pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kelayakan produk dan peningkatan motivasi belajar siswa dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar e-book berbasis web yang telah dikembangkan yaitu dinyatakan sangat layak oleh validator ahli media dengan presentasi skor sebesar 96,6% dan 88,8% dan validator ahli materi dengan presentase skor sebesar 98% dan 80%. Skor N-Gain digunakan untuk mengukur peningkatan motivasi belajar siswa diperoleh sebesar 0,7 termasuk kedalam kriteria tinggi dengan skor presentase 71,5% atau efektif dalam kegiatan pembelajaran, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangan sangat layak dan terjadi peningkatan motivasi belajar terhadap peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks deskripsi kelas VII MTs Al-Ikhwan Banjarmasin.


Keywords


E-Book; Problem Based Learning; Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis, (Cet ke 13), Jakarta: Rhineka Cipta, 2006.

Ernawati, I. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), Volume 2, No 2, (pp.204-210).

Firmansyah, R,l. S. & Rusimamto, P. W. (2020) Validitas dan Kepraktisan Modul Pembelajaran Human Machien Interface pada Mata Pelajaran instalasi Motor Listrik di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 2 no 2, (pp.395-403).

Gagne, R.M. (1985), The Condition of Learning and Theory of Instruction, New York: Holt, Rinehort and Winston (p.35).

Khotimah, A, Suhartono, & Salimi, M (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Perkalian dan Pembagian Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN 1 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2016/2017. Dalam Jurnal Kalam Cendekia; Vol 5, No 2.1 (pp.182-186).

Maulida, S I., Adnyana, P. B., Ayu, I., & Bestari, P. (2022). Pengembangan Ebook Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan lingkungan dan Daur Ulang Limbah untuk Siswa di MAN Karang Asem. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, Volume 9 no 2, (pp.116-129).

Meidita, A. C., & Susilowibowo, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Flipbook sebagai Pendukung Pembelajaran Administrasi Pajak dengan Kompetensi Dasar PPh Pasal 21. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5),(pp.2217–2231). https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/784.

Rahmawati, S., & Susanti. (2019). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Berbasis Kontekstual Untuk Smk. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(3), (pp.383–391).

Rahmah. S. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar berupa E-book pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kompetensi Dasar Akuntansi Piutang kelas XI Berbasis Pendekatan Saintifik di SMK Yapalis Krian. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (JRPE), 6(2).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D, (Bandung: Alfabeta, 2010).

Sackstein, S., Spark, L., & Jenkins, A. (2015). Are e-books effective tools for learning? Reading speed and comprehension: iPad® i vs. paper. South African Journal of Education, 35(4).

Thiagarajan, S 1974. Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Bomington Indiana: Indiana University.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i1.8692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License