MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS

Kiki Fima Kartika, Susanti Sufyadi, Agus Hadi Utama

Abstract


Model pembelajaran kooperatif jenis STAD dapat meningkatkan minat, motivasi, serta hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama yaitu mengetahui pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kedua mengetahui hasil belajar peserta didik setelah penggunaan model pembelajaran kooperatif jenis STAD, dan ketiga mengetahui apakah terdapat kendala selama penggunaan model pembelajaran kooperatif jenis STAD mata pelajaran IPS kelas VIII kelompok belajar paket B di PKBM Tunas Melati Kecamatan Pelaihari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan pendekatan kuantitatif yang berbentuk desain studi kasus bentuk tunggal. Peneliti melakukan uji validitas dengan menggunakan rumus indeks, dan uji hipotesisnya menggunakan rumus n-gain ternormalisasi. Tahapan pelaksanaan model pembelajarannya ada 6: penyampaian tujuan dan motivasi, membagi kelompok, penyampaian dari guru, proses belajar dalam kelompok, kuis, dan penghargaan prestasi kelompok. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh nilai  = 0,35, itu artinya  > 0,3 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuktikan model pembelajaran kooperatif jenis STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan tidak ditemukan kendala yang begitu berpengaruh selama penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran

Keywords


Model Pembelajaran; Kooperatif STAD; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Rineka Cipta.

Fatoni, A. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyususna Skripsi. Rineka Cipta.

Gultom, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi, 2(2), 31–35.

Hadi, A., & Haryono. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.

Harnawita. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Metode STAD dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Murid Kelas IV Sekolah Dasar.

Latipun. (2011). Psikologi Eksperimen. UMN Press.

Made, N., & Sari, S. (2017). 1 Pengaruh STAD terhadap Hasil Belajar Matematika.

Nuraeni, S. E., Afghohani, A., & Exacta, A. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 6(2), 1–5. https://doi.org/10.53565/pssa.v6i2.180

Pradikto, B., Dewi, I. P., & Janjumari, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Aplikasi Kahoot Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pendidikan Kesetaraan Paket C. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 371. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.371-380.2021

Ramadhan, A., Mansur, H., & Utama, A. H. (2021). IMPLEMENTASI MODEL Pembelajaran Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Siskomdig Siswa Kelas X. Journal of Instructional Technology, 2(1), 51-60.

Riduwan, M., & Tesis, T. M. (2004). Cetakan pertama. Alfabeta, Bandung.

Rusman. (2012). Model Model Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Teknologi Pembelajaran : Definisi dan Kawasannya. Universitas Negeri Jakarta.

Siswanto, W., & Ariani, D. S. S. (2016). Model Pembelajaran Menulis Cerita Buku Panduan Untuk Guru Ketika Mengajar Menulis Cerita. PT Refika Aditama.

Sugiyono,2010. Statistika untuk Penelitian ,Bandung.Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i1.8703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License