PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-MODUL PADA MATA PELAJARAN BAHASA KOREA KELAS X SMK
Abstract
Kemajuan teknologi memicu muncunya kombinasi oleh teknologi cetak terhadap teknologi komputer pada aktivitas belajar, seperti salah satunya yakni modul. Dalam mata pelajaran bahasa korea melalui e-modul disajikan berbagai fitur multimedia (gambar, animasi, audio dan video) serta fitur tes ataupun penilaian yang aktif yang bisa membuat siswa lebih bebas untuk melakukan interaksi pada media belajar mereka. Penelitian ini betujuan dalam menemukan produk dalam
bentuk e-modul serta menemukan tentang selayak apakah e-modul bagi bidang pelajaran bahasa korea kelas x SMK Negeri 2 Banjarmasin. Studi ini adalajh studi berupa R&D melalui penerapan modifikasi teknik pengembangan Borg and Gall. Sementara itu beberapa tahapan studi ini antara lain; Penelitian, Perencanaan, Pengembangan, dan Uji Ahli, Revisi, dan Hasil Produk. Pengembangan dilakukan melalui pemanfaatan software FLIP PDF Profesional serta membuat produk e-modul dengan format html. Hasil penelitian ini memperlihatkan, media mengajar berbasis e-modul bagi mata pelajaran bahasa korea sangat layak digunakan dengan rata-rata persentase oleh ahli media sebesar 83,88% serta ahli materi 89,99%. Pengembangan e-modul ini sebagai rekomendasi untuk sekolah agar bisa menggunakan bahan ajar berbasis e-modul pada kegiatan belajar mengajar kelas secara indoor ataupun outdoor.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2014). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Ardiansyah, R. and Dkk. (2016). "Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik Pada Mata Kuliah Genetik Di Universitas Negeri Malang". Jurnal Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek (ISSN: 255), 749.
Hamid, H. (2013). Pengembangan Sistem Pendidikan Di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Informatika, K. A. (2018). "Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Menggunakan Schoology". KARMAPATI Volume 7 No 2, 50.
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Sesuai Dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang: Akademia. Permata.
Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana. Prennada Grup.
Majid, A. (2006). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mansur, H, and Jumadi. (2017). “Studi Kelayakan dan analisis kebutuhan penyelenggaraan program pendidikan karakter danrestorasi sekolah (full day school) di SMP se- Kota Banjarmasin.
Mansur, H, and Rafiudin. (2020). "Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa." Jurnal Komunikasi Pendidikan 4.1: 37-48.
Nurdyansyah & Riananda, L. (2016). "Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo, Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology". Jurnal TEKPEN, 929-930.
Prawiradilaga, D. S. (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Priyanthi, K. A. and Dkk. (2017). “Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK N 3 Singaraja),” Jurnal KARMAPATI 6, No. 1.
Sugihartini, N. Jayanta, N, L. (Juli 2017). "Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran". Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 14, No. 2, 222.
Richey, R. C. dan Seels, B. B. (2009). Teknologi Pembelajaran (Definisi dan Kawasannya). Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.
Setyosari, H. P (2016). Metode penelitian & pengembangan. Jakarta: Prenada Media.
Sugianto, D. and Dkk. (2013). “Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital”, Invotec, Volume IX, No. 2.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sulo, S. L. L. dan Tirtarahardja, U. (2015). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i2.8696
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License