PENGEMBANGAN PUSAT SUMBER BELAJAR BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL
M. Irvandy Dewa Nugraha, Hamsi Mansur, Susanti Sufyadi
Abstract
Belum adanya website sebagai pusat sumber belajar serta keterbatasan guru dalam mengembangkan website sebagai pusat sumber belajar menyebabkan rendahnya keterampilan literasi digital. Untuk memecahkan permasalahan tersebut peneliti mengembangkan produk layanan digital pada sistem berbasis komputer maupun smartphone yang menyajikan konten seperti teks, data, maupun gambar. Pengembangan pusat sumber belajar berbasis website untuk meningkatkan keterampilan literasi digital dipilih agar pihak sekolah dapat menambahkan media pembelajaran serta sumber belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan pusat sumber belajar berbasis website untuk meningkatkan keterampilan literasi digital di SMPN 1 Muara Teweh, (2) Mengetahui kelayakan pengembangan pusat sumber belajar berbasis website di SMPN 1 Muara Teweh, (3) mengetahui peningkatan keterampilan literasi digital peserta didik di SMPN 1 Muara Teweh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dan menggunakan prosedur pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate yang telah dimodifikasi sesuai dengan keperluan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan pusat sumber belajar berbasis website dapat meningkatkan keterampilan literasi digital. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pusat sumber belajar berbasis website untuk meningkatkan keterampilan literasi digital layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik di SMPN 1 Muara Teweh.
Keywords
Pusat Sumber Belajar; Website; Keterampilan Literasi Digital
References
Batubara. (2012). Perancangan Website Pada Pt . Ratu Enim Palembang. 15-17.
Darmansyah. (2010). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humo. Bandung: Alfabeta.
Hobbs, R. (2017). Create to Learn: Introduction to Digital Literacy. John Wiley and Sons, Inc. Publisher.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Pt.Alfabeta.
Umam, K. (2013). Penerapan media digital dalam pembelajaran apresiasi batik kelas X SMA Negeri 1 Blega. Jurnal Pendidikan Seni Rupa.
DOI:
https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i1.8763
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License