ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DALAM MENGHADAPI ERA NEW NORMAL DI SDN KEBUN BUNGA 3 BANJARMASIN

Maria Innosensia Aman, Susanti Sufyadi, Agus Hadi Utama

Abstract


Pembelajaran online di masa pandemi mengalami perubahan menjadi pembelajaran tatap muka secara terbatas di Era New Normal. Implementasi program sekolah penggerak sangat membantu dalam proses pembelajaran yang sedang menghadapi berbagai tantangan agar dapat menyesuaikan dan memulihkan dari berbagai dampak atau tantangan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi Faktual pembelajaran kemudian mengetahui perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan hambatan-hambatannya, serta cara mengatasi hambatan dalam program sekolah penggerak. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan mendeskripsikan kejadian sebenarnya terkait objek yang diteliti secara jelas berdasarkan fakta yang dihimpun melalui data dilapangan berupa observasi berperanserta, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian di SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin menunjukkan bahwa program sekolah penggerak sudah sesuai sejalan dengan adanya intervensi pemerintah yang dapat mewujudkan sekolah penggerak dengan melewati tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian yang membawa perubahan terhadap peserta didik, pendidik, dan sekolah. Selama program berjalan ada berapa hambatan yang harus dihadapi oleh peserta didik, pendidik, kepala sekolah selama pelaksanaan namun semua dapat teratasi dengan saling berkerja sama antar pendidik

Keywords


Implementasi; Sekolah Penggerak; New Normal

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9–20.

Gunawan, I. G. D. (2020). Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020, 15–30.

Musnaini, M., Jambi, U., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). INDUSTRY 4.0 vs SOCIETY 5.0 (Issue May).

Puspita, I. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII-1 di SMP Negeri 9 Tangerang Selatan. Skripsi, 128.

Rahayu, S., Rossari (2021). Hambatan Guru Sekolah Dasar Dalam Melaksanakan Kurikulum Sekolah Penggerak Dari Sisi Manajeman Waktu Dan Ruang Di Era Pandemi Covid-19. Jptam.Org, https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1869.

Salim, & Syahrum. (2012). metodologi Penelitian Kualitatif.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.

Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3),2234–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915.

Utama, A. H. (2021). The Implementation Curriculum 2013 (K-13) in Teacher's Ability to Develop Learning Media at Distance Learning. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 3(2), 56-65.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i1.8705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License