PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMART APPS CREATOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA KULIAH KOPERASI DAN UMKM

Muhammad Hasan, Hamsi Mansur, Zaudah Cyly Arrum Dalu, Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang

Abstract


Melalui pengembangan media pembelajaran berbasis smart apps creator diharapkan dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa karena belum adanya media pembelajaran dan metode pembelajaran yang dapatmeningkatkan minat belajar pada mata kuliah koperasi dan UMKM. Tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis smart apps creator untuk meningkatkan minatbelajar pada mata kuliah koperasi dan UMKM, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator, (3) Mengetahui peningkatan minat belajar mahasiswa yang mengikuti mata kuliah koperasi dan UMKM setelah menggunakan media pembelajaran Smart Apps Creator. Penelitian inimenggunakan jenis R&D (Research and Development) dengan menggunakan modelpengembangan 4D. Tahapan pengembangan 4D terdiri dari empat tahapan, yaitu Define, Design,Development, dan Dissemination yang telah dimodifikasi menyesuaikan dengan keperluan. Hasil penelitian pada tahap pengembangan menghasilkan peningkatan minat belajar peserta didikmendapat nilai gain sebesar 0,40 dengan kategori “Sedang”. Dari hasil penelitian data disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis smart apps creator mata kuliah koperasi dan UMKM layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa.

Keywords


Media Pembelajaran; Smart Apps Creator; Koperasi dan UMKM

Full Text:

PDF

References


Adriana. (2010). SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.12 No. 1, 42.

Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 703.

Fitriana, E. (2012). Pengembangan Media Gambar untuk Meningkatkan Kreativitas Mendesain pada Mata Pelajaran Menggambar Busana Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Pacitan. Univeristas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Kurniasari, W., Murtono, & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Pada Google Classroom. Jurnal Educatio, 142.

Pribadi, B. A. (2011). Model Assure untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Dian Rakyat.

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 22.

Santyasa, I. W. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Prosiding Workshop Media Pembelajaran. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Suryana. (2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakatra: Salemba.

Susanti, & Lestari. (2016). Analisis Layanan Informasi Tentang Minat Belajar Siswa Kelas X di MAN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 12.

Syardiansah. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(1), 440-448.

Tafonao. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 103.

Mansur, H., Rafiudin (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.4, No.1, 37-48.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i1.8708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License