PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MATERI PEMBIBITAN TANAMAN UNTUK SISWA KELAS VI SDN PASAR LAMA 3 BANJARMASIN

Muhammad Maulana Inrawan, Hamsi Mansur, Rafiudin Rafiudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan dalam meningkatkan serta menemukan tentang seberapa layak penerapan video terhadap suatu mata pelajaran Pindidikan Lingkungan Hidup materi pembibitan tanaman dikelas VI SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin. Penelitian berjenis pengembangan atau Research And Development (R&D) diterapkan sebagai jenis pada penelitian ini. Serta model Borg and Gall dijadikan acuan dalam kajian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media video pembelajaran materi pembibitan tanaman dilakukan melalui 4 tahap melalui model Borg dan Gall yakni pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, dan evaluasi. Hal ini disesuaikan dengan situasi dan kondisi system pembelajaran pada situasi pandemic yang membatasi prosedur penelitian ini hanya sampai 4 tahap. Akan tetapi hal ini telah mencukupi dan mencapai tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahu prosedur pengembangan dan mengetahui kelayakan pengembangan. Hasil uji validasi ahli media media video pembelajaran materi pembibitan tanaman mata pelajaran Pendidikan Lingkungan hidup di SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin memperoleh nilai rata-rata yakni 4.4 yang koefisiennya mencapai 88%, akibatnya standar kelayakannya tergolong pada kelompok “sangat layak” sementara itu temuan pengujian validasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4.00 yang berkofisien 80% akibatnya standar kelayakan tergolong oada kelompok “sangat layak”. Sementara itu tanggapan pelajar mempunyai nilai rata-rata sebanyak 4.00 melalui koefisiennya yang mencapai 80% akibatnya standar kelayakan tergolong pada kelompok “sangat layak”. Merujuk pada hasil inilah bisa disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran materi pembibitan bisa dikatakan “sangat layak” apabila diterapkan.

Keywords


Video Pembelajaran; Model Pengembangan Borg & Gall; Mata Pelajaran Tematik Lingkungan Hidup

Full Text:

PDF

References


Arif S. Sadiman, d. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Barbara B, S., & Richey., R. C. (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan. Kawasannya. Jakarta: UNJ.

Daryanto, D. (2014). media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogjakarta: DIVA Press.

Kemendikbud. (2020). SE kemendikbud RI Nomor: 36925/MPK.A/2020 tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Kemendikbud RI.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), , 33–47.

Mansur. H (2021). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Prodi Teknologi Pendidikan. Sidoarjo: Nizamia Learning Center Ruko Valencia AA-15 Sidoarjo.

Raharjo, M. (2014 ). Memahami AMDAL. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.

Rusmano, d. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan. Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sekarwinahyu, M. (2013). Modul Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Modul Pengajaran, 13.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sungkono, dkk. (2003). Pengembangan Bahan Ajar,. Yogyakarta: Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 65. Di ambil pada tanggal 6 maret 2019 dari https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=FuLqne8AAAAJ&citation_for_view=FuLqne8AAAAJ:d1gkVwhDpl0C.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i2.8880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License