EVALUASI KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SDN KEBUN BUNGA 1 BANJARMASIN
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kinerja guru dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif dan tipe data deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN Kebun Bunga 1 Banjarmasin Kecamatan Banjarmasin Timur. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil belajar SD
Negeri Kebun Bunga 1 Banjarmasin adalah 1) Prestasi belajar guru perencanaan di SD Negeri Kebun Bunga 1 Banjarmasin yaitu. menentukan dan merumuskan tujuan dan merumuskan pemecahan masalah. 2) Pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan penerapannya pada kurikulum sehingga benar-benar kompeten dan memenuhi kebutuhan sekolah. 3) Evaluasi pembelajaran guru di SDN Kebun Bunga 1 Banjarmasin dapat menemui kendala dalam situasi
apapun di lingkungan sekolah. Misalnya kendala dalam pelaksanaan pembelajaran, seperti kurangnya bahan pelajaran dan kurangnya kelompok kelas di sekolah ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A. K. (2022). Penguatan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(7), 1695-1706.
Depdiknas. 2008. Instrumen pengawasan sekolah. Jakarta.
Hamsi Mansur, (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 37-48.
Kartomo, A. I., & Slameto, S. (2016). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 219-229.
Kemendikbud, P. P. P., & Abduh, M. (2019). Model penilaian formatif pada pembelajaran abad ke-21 untuk sekolah dasar.
Raudah, H. (2010). Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kebun Bunga Kecamatan Banjarmasin Timur.
Sari, M. (2019). Strategi Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (MMT) di SDN SN Kebun Bunga 4 Banjarmasin. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 47-68.
Sarimaya, Farida, 2008, Sertifikasi Guru, Apa, Mengapa dan Bagaimana? ,Bandung: Diedit oleh Yrama Widya.
Sunaryo Kartadinata, dkk. 1998. Bimbingan Di Sekolah Dasar. Bandung: Depdikbud.
Susilo, A. A., & Sofiarini, A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79-93.
UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Zahroh, M. N. (2017). Evaluasi Kinerja Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Yayasan Al Kenaniyah Jakarta Timur. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1),139.
DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i1.8765
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License