PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTRAKTIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 PULAU

Noor Aida Destya, Susanti Sufyadi, Agus Salim

Abstract


Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh metode pembelajaran yang belum efektif dan media pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga banyak dari peserta didik SDN 1 Pulau masih mengalamai kesulitan dalam proses pembelajaran. Penelitian dan pengrmbangan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 1 Pulau dengan mengambangkan media pembelajaran berbentuk articulate storyline. Dengan menggunakan teknik analisis kunatitatif deskriptif dengan format skala likert yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk terhadap hasil belajar peserta didik dan menguji kelayakan dari pengembangan media. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket atau kuisioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran articulate storyline yang telah dikembangkan yaitu sangat layak dengan hasil uji coba kelompok kecil mendapat hasil keseluruhan 87% dengan kriteria sangat praktis, dan hasil uji coba kelompok besar mendapat hasil keseluruhan 90% dengan kriteria sangat praktis, dan hasil uji coba pretest dan posttest mendapakan hasil yang membuat hasil belajar peserta didik meningkat

Keywords


Media Pembelajaran Interaktif; Ilmu Pengetahuan Sosial; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agustina, U., & Elan, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Articulate Storyline Pada Materi Keragaman Budaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Sdn Sindangheula 02. Js (Jurnal Sekolah), 5(3), 165. https://doi.org/10.24114/js.v5i3.26827.

Assyifa, Hamsi Mansur, M. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE MATERI PENCAHAYAAN DAN KOMPOSISI GAMBAR SMK KELAS X BROADCASTING. 21(Juli), 40–45.

Blândul, V. C. (2015). Inovation in Education – Fundamental Request of Knowledge Society. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180(November 2014), 484–488. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.148.

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315.

Firmansyah, R. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Kepraktisan Modul Pembelajaran Human Machine Interface Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan, 9, 399. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/34784.

Kristianti, D. & Julia, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4D Untuk Kelas Inklusi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal MAJU, Volume 4 No. 1,Maret 2017 ISSN: 2355-3782, 4(1), 40. http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/71/61.

Makbul, M. (2021). Metode Pengumpilan Data dan Instrumen Penelitian. 6.

Purnama, B. E. (2012). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer. 4(2), 60–67.

Rafmana, H. (2017). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORY LINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XI DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG.

Rianto, R. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 84. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.7225.

Samsu, S. (2021). Metode Penelitian (Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development) (Issue 17).

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran (PEDAGOGIA (ed.)). PT Pustaka Insan Madano. Anggota IKAPI. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i1.8766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License