EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMK

Nursa'adiah Nursa'adiah, Hamsi Mansur, Mastur Mastur

Abstract


Dalam pembelajaran sering terjadi permasalahan belajar yang menyebabkan kurang efektifnya proses pembelajaran, faktor penyebab seperti: kurangnya fasilitas pembelajaran, sumber belajar yang kurang menyenangkan sehingga kurang menarik perhatian siswa. Adanya media pembelajaran dianggap dapat meningkatkan minat belajar serta membangkitkan semangat siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kelayakan isi dan kelayakan penyajian media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran bahasa Indonesia SMK Negeri 3 Banjarmasin. Jenis penelitian menggunakan penelitian evaluasi dan model yang digunakan yaitu evaluasi sumatif. Hasil penelitian evaluasi didapat dari total keseluruhan penilaian kelayakan isi materi dan total keseluruhan penilaian kelayakan penyajian media. (1) pada kelayakan isi materi dari total keseluruhan berada pada kategori “kurang layak”, (2) sedangkan pada kelayakan penyajian media dari total keseluruhan juga berada pada kategori “kurang layak”. Berdasarkan hasil persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa produk dikatakan “kurang layak” untuk digunakan, peneliti memberikan rekomendasi bagi pengembang selanjutnya agar dilakukan perbaikan pada beberapa aspek yang disarankan agar media pembelajaran layak digunakan dan menghasilkan media yang berkualitas. 


Keywords


Evaluasi Media; Android; Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R. (2014) Pengantar Pendidikan Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hadiansyah, T. (2018). Buku Pedoman pelaksanaan Evaluasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1. Indonesia R, (2003). Undang-Undang No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kadir, A. (2017). Pemrograman Android Menggunakan App Inventor. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Mansur, H, & Utama, A. H. (2021). The Evaluation of Appropriate Selection Learning Media at Junior High School. Indonesian Journal of Instructional Media and Model,3(1), 17-25.

Salim, A., Mansur, H., & Utama , A. H. (2020). Evaluasi Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Al- Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 20(2), 102-116.

Stufflebeam, D. L., & Anthony J. Shinkfield. (1986). Systematic Evaluation: A SelfInstruction Guide to Theory and Praktice. Boston: Kluwer Nijhoff Publishing.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i1.8873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License