PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDORID PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA

Nurul Aida, Hamsi Mansur, Mastur Mastur

Abstract


Dalam meningkatkan proses pembelajaran, guru dituntut untuk membuat pembelajaran menjadi lebih inovatif yang mendorong siswa agar dapat belajar secara optimal baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa mata pelajaran Geografi kelas XI dengan media pembelajaran berbasis android pendekatan contextual teaching and learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development menggunakan model pengembangan 4D. Tahapan dalam model pengembangan ini meliputi tahap define, design, development, dan dessiminate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis kuantitatif deskriptif menggunakan skala likert dan Uji N-Gain. Hasil penelitian dari validasi kelayakan materi mendapatkan skor 93,33% dan validasi kelayakan media mendapatkan skor 95%. Sedangkan penilaian uji pretest mendapat skor 41,03% dan Posttest sebesar 71,43% dan uji N-Gain mendapat skor 0,7% masuk dalam katagori “Tinggi”. Dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Keywords


Media Pembelajaran; Android; Contextual Teaching and Learning; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Kustandi, C. and Darmawan, D. (2020)

Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media.

Mulyatiningsih, E. and Nuryanto, A.

(2014) ‘Metode penelitian terapan bidang pendidikan’.

Simbolon, N. (2014) ‘Faktor Faktor Yang

Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik’, Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), pp. 14–19.

Sugiyono, S. (2010) ‘Metode penelitian

kuantitatif dan kualitatif dan R&D’, Alfabeta Bandung.

Suhartono, E. (2018) ‘Perubahan Pola

Pembelajaran PKn yang Kontekstual ke Pola Kontekstual (CTL)’, Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1), pp. 1–12. doi: 10.17977/um022v3i12018p001.

Yektyastuti, R. and Ikhsan, J. (2016)

‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA Developing Android-Based Instructional Media of Solubility to Improve Academic Performance of High School Students’, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), pp. 88–99.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i2.8882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License