PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT MATERI KAMPUH KELAS X DI SMKN

Panji Rizka Romadlona, Agus Salim, Adrie Satrio

Abstract


Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi menjadi kewajiban bagi guru dalam proses pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Namun hal ini belum tercapai karena masih banyak guru yang belum memiliki pengetahuan dan wawasan tentang teknologi serta kurangnya keterampilan guru dalam membuat media berbasis teknologi di era revolusi industri 4.0. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pengembangan video pembelajaran teknologi menjahit yang layak untuk materi jenis-jenis kampuh dan cara pembuatannya kelas X dan untuk embuat media pembelajaran teknologi menjahit yang layak untuk digunakan pada proses pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan Research & Development (R&D) dengan model pengembangan adaptasi dari Alessi & Trolip. Tahapan pengembangan adaptasi dari Alessi & Trolip yaitu Perencanaan (planning), desain (design), pengembangan (development). Hasilnya bahwa video pembelajaran tersebut layak digunakan pada proses pembelajaran  mata pelajaran teknologi menjahit materi kampuh dan direkomendasikan untuk digunakan guru dalam mengajar sebagai media pembelajaran.

Keywords


Video Pembelajaran; Model Pengembangan Alessi & Trolip; Materi Teknologi Menjahit

Full Text:

PDF PDF

References


Alessi, S.M., & Trollip S.R. (2001). Multimedia for Learning, Methods and Development (3rd ed). Massachusetts: Pearson Education Inc.

Arsyad, Azhar. (2011) Media Pembelajaran, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Aziz, A. A. (2016). Guru Profesional Berkarakter. Cempaka Putih.

Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi. (78-94).

Kusuma, H., Wahyuni, S., Noviani, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemasaran Online Di Smk Negeri 3 Surakarta. Journal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 1(1), 1-12.

Likmalatri, Lita (2019). Teknik Pengolah Audio dan Video. Surakarta: Putra Nugraha.

Mansur, Hamsi, and Rafiudin Rafiudin. “Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” JurnaKomunikasi Pendidikan 4.1 (2020): 37-48.

Satrio, A., & Gafur, A. (2017). Pengembangan visual novel game mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah menengah pertama, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 1-12.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulasmianti, N. (2018). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 144-147.

Widiyanto, F. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Intructional Technology, 1(2), 75-80.

Zhang, D., Zhou, L., Briggs, R. O., & Nunamaker Jr, J. F. (2006). Instructional video in e-learning: Assessing the impact of interactive video on learning effectiveness. Information & management, 43(1), 15-2.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i1.8868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License