DAMPAK PELATIHAN PEMANFAATAN WORDPRESS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BISNIS ONLINE BAGI GURU DAN SISWA

Puji Arisandi, Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, Agus Hadi Utama

Abstract


Pelatihan bagi guru merupakan sebuah proses kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan teknik dan metode tertentu yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan serta keterampilan guru sebagai pendidik. Pelatihan akan berperan besar bagi peningkatan kompetensi guru apabila pelatihan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keadaan yang sedang dihadapi oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pelatihan pemanfaatan wordpress sebagai media pembelajaran bagi guru dan siswa pada mata pelajaran bisnis online. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data mengggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pelatihan pemanfataan wordpress sebagai media pembelajaran bisnsis online dilakasanakan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, berdasarkan tahapan evaluasi pelatihan tersebut terbukti berhasil dapat memberikan manfaat dan dampak yang positif bagi pengetahuan guru dan siswa terutama dalam menggunakan fitur-fitur pada wordpress seperti fitur block heading, text preformatted, photo dan gallery yang digunakan untuk  membuat website promosi online pada mata pelajaran bisnis online.


Keywords


Teknologi Kinerja; Pelatihan; Pemanfaatan Wordpress

Full Text:

PDF

References


Achmad, A., Novita, I., Juliasari, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan CMS Untuk Pembuatan Website Bagi Orang Tua Siswa Sekolah Alam Tangerang. JAM-Tekno (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat TEKNO), 2(1), 20-25.

Badrudin, Nurdin, R. (2019). SIM (Sistem Informasi Manajemen) Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berbasis CMS Wordpress. Jurnal Ta’dib, 22(1).

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.

Dharmawan, R. & Gata, G. (2020). Penerapan Aplikasi Penjualan Online (E-Commerce) Menggunakan Content Management System Wordpress Pada Toko Jaksquare. Jurnal Idealis, 3(1).

F. Ismawan, N. Isnain, R. A.Raharjo. (2020) Pemanfaatan Website Berbasis CMS-WordPress Sebagai Media Pembelajaran Guru TK Binakheir Cibinong-Bogor. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 68-77.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.

Krisianto, A. (2014). Jago Wordpress. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Said Alfaruq. (2020). Tag (Preformatted Text) Pada HTML. (https://www.saidalfaruq.net/html/tag;pre-preformatted-text-pada-htmly8z6ax0t Di akses pada 18 oktober 2021).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Siska, D., Yohannes., Rachmat, N. (2021). Pelatihan Pembuatan Website Sekolah Menggunakan WordPres Untuk Guru TIK SMA Negeri 17 Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2).

Sunarti, Safitri, A. (2016). Pengembangan Media Berbasis Wordpress Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1).

Walidaini, B., & Arifin, A. M. M. (2018). Pemanfaatan Internet Untuk Belajar Pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i2.8883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License