Evaluasi Media Video Tutorial Menggunakan Adobe Premier Pro Sebagai Sumber Belajar Editing Audio Visual Kelas XI

Riki Anggara Putra, Hamsi Mansur, Mastur Mastur

Abstract


Guru sebagai fasilitator berperan memberi fasilitas kepada peserta didik agar dapat belajar dengan nyaman, aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Kaitan guru fasilitator dalam memberdayakan sumber belajar berbasis video tutorial di kanal youtube dapat menghadirkan kolaborasi pembelajaran yang menarik. Berdasarkan hasil wawancara mendalam bersama guru dan peserta didik di SMK 3 Banjarmasin mata pelajaran editing audio visual, mengemukakan bahwa hasil kegiatan pembelajaran mereka belum pernah di unggah di kanal youtube, yang menyebabkan penyampaian materi editing audio visual kurang efektif dan efisien, karena guru selalu mengulang-ulang materi dengan metode ceramah dan tutorial beberapa kali, yang notabennya permasahalan belajar tersebut dapat diatasi dengan mengambil beberapa contoh video tutorial yang sudah jadi du unggah di kanal youtube, sehingga peserta didik dapat dapat berinteraksi secara kolaboratif dan dapat dijadikan sebagai belajar mandiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aspek desain pembelajaran produk video-video pembelajaran materi editing audio visual yang telah diunggah di kanal youtube. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan menggunakan model evaluasi sumatif untuk melihat sejauhmana kelayakan produk video-video pembelajaran materi editing audio visual dengan validasi expert judgemnet. Menurt pendapat ahli desain pembelajaran, video-video tersebut telah layak untuk digunakan sebagai sumber belajar mandiri dan pengayaan dengan metode tutorial.

Keywords


Evaluasi Media; Evaluasi Sumatif; Video Tutorial; Editing Audio Visual

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2012). Pembelajaran berbasis pemanfaatan sumber belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2).

Amirono, & Daryanto. (2016). Evaluasi dan penilaian pembelajaran kurikulum 2013. Gava Media.

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.

Chandra, E. (2017). Youtube, citra media informasi interaktif atau media penyampaian aspirasi pribadi. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 406-417.

Darodjat, D., & Wahyudhiana, W. (2015). Model evaluasi program pendidikan. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 1-23.

Ediyanto, M. (2016). Penilaian Formatif Dan Penilaian Sumatif.

Fathoni, A. F. R. (2018). Evaluasi Media Pembelajaran Ellis Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas 2 Smp Bopkri 3 Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 7(2), 125-133.

Hadi, S. (2017, May). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 96-102).

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135-159.

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku pengguna media sosial beserta implikasinya ditinjau dari perspektif psikologi sosial terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36-44.

Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).

Pratomo, A., & Irawan, A. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan metode Hannafin dan Peck. POSITIF: Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 1(1).

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Saputro, K. Z. (2018). Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25-32.

Satrianawati, S. (2018). Media dan Sumber Belajar. CV. Budi Utama.

SINAMBELA, D. N., Yusuf, S., & Susanti, L. R. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE PREMIERE PRO BERBASIS AUDIOVISUAL PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Sridani, N. K. E., Agustini, K., & Pradnyana, I. M. A. Pengembangan Desain Instruksional Mata Pelajaran Penggunaan Peralatan Tata Cahaya di SMK Negeri 1 Sawan.

Sugiono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i2.8694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License