Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Mata Pelajaran Teknik Pengelolaan Audio Video Kelas XII

Rizqa Humaira, Hamsi Mansur, Agus Hadi Utama

Abstract


Proses pembelajaran teknik pengelolaan audio video masih mengalami beberapa hambatan belajar di SMKN 3 Banjarmasin Kelas XII. Hambatan belajar tersebut disebabkan oleh komposisi mata pelajarannya yang membutuhkan suatu pengelolaan yang terintegrasi seperti pengembangan e-learning berbasis Moodle. Perlu diketahui, bahwasanya mata pelajaran teknik pengelolaan audio video membutuhkan platform e-learning guna menunjang proses pembelajaran kolaboratif yang terintegrasi antara guru, sumber belajar, dan peserta didiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu platform e-learning berbasis Moodle yang layak digunakan untuk mengelola pembelajaran teknik audio video yang disesuaikan dengan analisis kebutuhan berupa penyusunan desain prototipe konten yang telah ditetapkan. Tahapan penelitian dan pengembangan yang digunakan bermula dari tahapan perencanaan berupa analisis kebutuhan, tahapan desain penyusunan prototipe konten, dan tahapan pengembangan konten. Penilaian kelayakan ditentukan oleh expert judgement yang berasal dari ahli pakar media pembelajaran, ahli pakar materi, dan respon peserta didik yang menyatakan produk pengembangan e-learning berbasis Moodle mata pelajaran teknik pengelolaan audio video kelas XII di SMKN 3 Banjarmasin telah layak untuk digunakan.

Keywords


E-Learning; Moodle; Teknik Pengelolaan Audio Video

Full Text:

PDF

References


Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2000). Multimedia for learning: Methods and development. Allyn & Bacon, Inc.

Anggraeni, F. P., & Ginanjar, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran E-Learning Dengan Media Kahoot Terhadap Kemampuan Analisis Pesertdidik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Islam Al Azhar 29 Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(1), 72-83.

Max, D. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang, Hal, 4.

Irawan, R., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis moodle dalam peningkatkan pemahaman lagu pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 1-11.

Maulana, I. (2020). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle DI SMK AL Washliyah Sumber. Media Aplikom, 12(1), 1-12.

Romadhon, M. M. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Dengan Media Pembelajaran Whiteboard Animation Pada Mata Pelajaran Rangkaian Elektronika Di Smkn 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(2).

Utama, A. H., Mansur, H., Rini, S., & Satrio, A. (2021). Pelatihan E-Learning Google Classroom Bagi Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (K3SD) Kecamatan Banjarmasin Utara. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 415-424.

Setiawan, A., Mansur, H., & Mastur, M. (2021). PENGEMBANGAN E-LEARNING ACADEMIANA BERBASIS MOODLE UNTUK MATA KULIAH KOMUNIKASI PENDIDIKAN. Journal of Instructional Technology, 1(1), 13-19.

Sugiono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i2.8695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License