PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X SMK

Tinalia Tinalia, Hamsi Mansur, Adrie Satrio

Abstract


Proses pembelajaran masa covid-19 menjadi permasalahan sehingga memerlukan alternatif lain. Google Classroom merupakan sebuah aplikasi yang akan terciptanya ruang kelas online yang dapat diakses tidak terbatas waktu dan ruang sehingga diharapkan dapat mengatasi permasalahan belajar. Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui keefektifan Google Classroom mata pelajaran Dasar Desain Grafis di kelas X SMK 2) Mengetahui hasil belajar peserta didik melalui media pembelajaran google Classroom mata pelajaran Dasar Desain Grafis di kelas X SMK.  Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis Quasi Experimental Design. Menggunakan desain penelitian Non Equivalent Control Group. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dari 72 siswa kelas X Multimedia SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin terdiri 2 kelas dengan masing-masing 36 siswa. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Google Classroom sebesar 48,47 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan Google Classroom sebesar 86,81. Melalui penggunaan Google Classroom siswa lebih mudah belajar secara mandiri. Selain itu, dapat memudahkan guru sekaligus sebagai alternatif pembelajaran yang efektif. Hal tersebut juga membuktikan bahwa penggunaan Google Classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Pemanfaatan; E-Learning; Google Classroom; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aminoto T, P. H. (2014). Penerapan Media E-learning Berbasis Schoology luntuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 13-14.

Arikunto. S (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daniati D., I. B. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Model Pembelajaran E–Learning Berbasis Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 601-608.

Dimyati, M. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka.

Kiky R. N. W. (2021). Efektifitas Penggunaan Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar. Jurnal Sistem Informasi Musirawas, l44.

Pertiwi I. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Pada Materi Sistem Ekskresi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 16.

S. Sukmawati, N. N. (2019). The Role of Google Classroom in ELT. International Journal for Educational and Vocational Studies, 142–145.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i2.8886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License