PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu Research & Development dengan model pengembangan 4D. Model 4D terbagi kedalam 4 tahapan utama dan beberapa tahapan kecil didalamnya. Tahapan dalam model pengembangan 4D antara lain, define, design, development, dissemination. Teknik analisis pengambilan data yang digunakan dalam pengambilan data teknik analisis kuantitatif deskriptif menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada materi Al-Qur’an Hadits kelas VII dan mengetahui kelayakannya. Skor kelayakan dari ahli media keseluruhan mendapatkan nilai 74,28% dan masuk kedalam kategori “Layak”, selanjutnya skor keseluruhan ahli materi didapatkan nilai 80% dan masuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Sementara hasil respon siswa mendapatkan nilai keseluruhan 84,22% dan masuk kategori skor “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Al-Qur’an Hadits kelas VII.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Setiawan, A., Mansur, H., & Mastur, M. (2021). Pengembangan E-learning Academiana Berbasis Moodle untuk Mata Kuliah Komunikasi Pendidikan. Journal of Instructional Technology, 1(1), 13-19.
Alim, J. A., Sari, I. K., Alpusari, M., Sulastio, A., Mulyani, E. A., Putra, R. A., & Hermita, N. (2020, October). Interactive Multimedia Development on KPK and FPB Material. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1655, No. 1, p. 012090). IOP Publishing.
Prayitno, T. A., & Hidayati, N. (2020). Multimedia development based on science technology engineering and mathematics in microbiology learning. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 234-247.
Dewi, R., Mansur, H., & Ratumbuysang, M. F. N. G. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPS Dengan Pendekatan Kognigtif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V Mi. Journal of Instructional Technology, 1(2), 87-94.
Satrio, Y. D., Wardoyo, C., Sahid, S., Fauzan, S., & Ma’ruf, D. (2021). The Effectiveness of Educational Games on Post-Pandemic Learning. KnE Social Sciences, 366-373. Setiawardhani, R. T. (2021). Android-Based Multimedia Development and Worthiness for Economic Learning in High School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1185-1193.
Smith, H. E., Blackburn, J. J., Stair, K., & Burnett, M. (2018). Assessing the Effects of the Smartphone as a Learning Tool on the Academic Achievement Smith, H. E., Blackburn, J. J., Stair, K. S., & Burnett, M. F. Journal of Agricultural Education, 59(4), 270–285.
Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A sourcebook.
Utama, A. H., & Salim, A. (2021). Program Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Pembelajaran. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(2), 73-82.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i1.4809
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License