MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI PRAKTEK SULAM KRISTIK DI SLB PLUS MADANA DUN YA

Arlianti Arlianti, Utomo Utomo, Dewi Juwita Susanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada kemampuan motorik halus anak tunagrahita ringan sehingga berdampak pada kemampuan menulisnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan sulam kristik dalam meningkatkan motorik halus pada anak tunagrahita ringan di SLB Plus Madana Dun Ya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian SSR (Single Subject Research), desain penelitian yang digunakan adalah A-B-A. Teknik analisis data menggunakan analisis visual grafik meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Jumlah subjek pada penelitian ini adalah satu anak yang merupakan siswa SLB Plus Madana Dun Ya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan motorik halus anak, terbukti dari data yang diperoleh selama kondisi Baseline 1 (A1), rata-rata presentase atau mean level sebesar 40%, kemudian selama kondisi Intervensi (B), mean level sebesar 70%, dan selama kondisi Baseline 2 (A2) sebesar 95%. Hasil overlap dari A1 ke B adalah 0% dan B ke A2 adalah 0%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan praktek sulam kristik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak tunagrahita ringan.

Keywords


anak tunagrahita ringan; kemampuan motorik halus; media sulam kristik

Full Text:

PDF

References


Aisyah, A. N. (2016). Peningkatan Kemampuan Koordinasi Mata dan Tangan Pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang Melalui Metode Direct Instruction Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyulam di SLBN 1 Sleman, IOSR Journal of Economics and Finance.

Ardianto, S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Melalui Analisis Tugas Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas I Di SLB Limas Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus.

Da'watul, I., & Rahma, W. (2015). Terapi Okupasi Menyulam Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Siswa Tunagrahita Ringan Di SLB Yapenas Yogyakarta. InSight , Vol. 17 No. 1, Februari.

Mumpuniarti. (2003). Ortodidaktik Tunagrahita. Yogyakarta: FIP UNY.

Samsudin. (2005). Pengembangan Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: UNJ.

Saputra, & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: DepDiknas, Dikti,. Direktorat P2TK2PT.

Sunanto, J. d. (2006). Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI. Press.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: PEDAGOGIA.

Widyani, A. N. (Buku Ajar Penanganan Anak usia Dini Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Ar-). 2014. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Education for All

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.