MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSENTRASI ANAK ADHD DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF

Tasya Riaunia Firda, Eviani Damastuti, Septi Aryanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak ADHD yang mengalami permasalahan pada inatensi yaitu sulit memusatkan perhatian atau konsentrasi pada saat pembelajaran dikelas. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penggunaan teknik reinforcement positif dalam meningkatkan kemampuan konsentrasi anak ADHD kelas I di SDI Al Madani Banjarbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR). Desain dalam penelitian ini ialah A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak ADHD. Sistem pencatatan data pada penelitian ini adalah pencatatan durasi yang mengukur lamanya suatu kejadian. Teknik analisis data menggunakan analisis antar kondisi dan analisis dalam kondisi dengan penyajian data berbentuk visual grafik dan tabel. Hasil penelitian dalam meningkatkan kemampuan konsentrasi mengalami peningkatan terbukti dari data yang diperoleh selama kondisi baseline 1 (A1), durasi kemampuan konsentrasi subjek ialah 1,15 menit, kemudian kondisi intervensi (B), durasi kemampuan konsentrasi subjek ialah 4,09 menit, dan kondisi baseline 2 (A2), durasi kemampuan konsentrasi subjek ialah 4,51 menit. Hasil overlap dari A1 ke B adalah 0% dan dari B ke A2 adalah 0%. Teknik reinforcement positif dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi anak ADHD.


Keywords


kemampuan konsentrasi; anak ADHD; teknik reinforcement positif

Full Text:

PDF

References


Afisa, D. (2018). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa ADHD Dengan Menggunakan Teknik Token Economic. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta , Jakarta

Aviana, R., & Hidayah, F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30–33.

Fariziyyah, N. (2021). Implementasi teknik positive reinforcement dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak tuna grahita di SLB Muhammadiyah Golokan Sidayu Gresik. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

Khotimah, K. (2021). Pengaruh Teknik Reinforcement positif untuk meningkatkan efikasi diri dalam menyusun skripsi pada mahasiswa bimbingan konseling islam Universitas Islam Negeri

Marlina K. (2019). Strategi Penanganan Anak ADHD. Jakarta: Prenadamedia Group

Mirnawati; Amka. (2019). Pendidikan Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).

Putri, P. I., & Widiastuti, A. A. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dengan Pendekatan Reinforcement melalui Metode Bermain Bunchems. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 207.

Saputra, Y. W. A. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Positif Dan Self Management Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 12(1), 11–28.

Wardani, F. E. (2013). Reinforcement Dalam Konseling Kelompok Dan Konsentrasi Belajar Siswa. Journal Penelitian Dan Artikel Penelitian.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Education for All

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.