PENGARUH MEDIA PLASTISIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA

Takhmidah Rahida, Imam Yuwono, Hayatun Thaibah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan bahwa anak tunagrahita yang memiliki masalah motorik halus salah satunya kemampuan meremas dan menulis, sehingga mereka akan daoat selalu bergantung pada orang disekitarnya, sehingga penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan motorik halusnya dari anak-anak dengan keterbelakangan mental. Penelirian ini menggunakan pendekaran kuantitatif dengan jenis penelitian SSR (Single Subject Research), desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A1-B-A2 dimana A1 ialah fase baseline 1, B adalah fase intervensi dan A2 merupakan fase baseline 2. Subjek di penelitian ini adalah seorang siswa keterbelakangan mental (tunagrahita) yang bersekolah di sekolah dasar teluk dalam 1 Banjarmasin. Setting penelitian dilakukan disekoleh subjek. Sistem pencatatan data yang digunakan ialah pengamatan langsung dengan pencatatan data peristiwa (magnitude) yang didukung oleh tiga pengamat dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis histogram meliputi analisis dalam kondisi dan analisisi antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan kemampuan motorik halus subjek menjadi lebh baik terbukti dari data yang diperoleh selama kondisi baseline 1 (A1) mean level 60% hasil overlapnya dari A1 pada B adalah 0% dan B pada A2 adalah 0%. Hal ini dapat menunjukkan adanya peningkatan yang substansial dalam keterampilan motorik halus anak tunagrahita, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya intervensi yang dilakukan peneliti menggunakan alat bantu media plastisin dapat meningkatkan motorik halus anak tunagrahita.

Keywords


plastisin; motorik halus; anak tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Abdullah, N. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Psikologi: Magistra, No. 86 Th. XXV Desember 2013.

Apriyanto, N. (2012). Tunagrahita Dan Strategi Pembelajarannya. Klaten: Javalitera.

Desiningrum, D. R. (2016). Psiokologi Anak Berkebutuhan Khusus. Psikosain. 1–158.

Gusnita, N. (2012). Meningkatkan Membaca Kata yang Berawalan "M" dengan Menggunakan Permainan Plastisin Pada Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1 (2), 59 - 67.

Ida dan Dewi R.I. (2019). Pengaruh Kegiatan Mengunting dan Menempel Pola Gambar Geometris Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B TK MAHARING Desa Tanjung Untung Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas Tahun Ajaran 2018/2019 . Jurnal pendidikan dan Psikologi Pintar Harati Vol.15 No.1, Juni 2019.

Jatmika, Yusep Nur. (2012). Ragam Aktivitas Harian Untuk Play Group. Jogjakarta:Diva Press.

Kurniawan, E. (2018). Pengaruh Program Bina Diri Terhadap Kemandirian Anak Tunagrahita. Psympatic: Jurnal ilmiah psikologi. Diakses dari https://doi.org/10.16675/psy.v5i2.2156..

Nisa, K. (2020). Panorama Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus) : Sekolah Luar Biasa ABCD Dharmawanita Herlang) INFO ARTIKEL. 6, 106–116.

Pangestika, Rewinda Avin & Setiyorini, Erni. (2015). Pengaruh bermain plastisin terhadap kemampuan motorik halus pada anak prasekolah. Jurnal Ners Kebidanan, volume 2. No 2; 181-188.

Pratiwi, J. C. (2015). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus : Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. November, 237–242. Proseding Seminar Nasional Pendidikan "Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi" (hal. 237-242). Surakarta: Universitas Sebeleas Maret Surakarta Dan ISPI Wilayah Jawa Tengah.

Sari (2013). Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Kreativitas Anak usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Bermain Secara Individu dan Kelompok. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan. Vol. 2 No.03. Surabaya.

Satna M, Rosita W, Rita S, dan Nurhamsa M. (2021). Tinjauan Tentang Kemampuan Motorik Halus Dengan Kegiatan Kolase Sebagai Persiapan Menulis Anak Tunagrahita Ringan. Universitas Khairun. Jurnal Pendididkan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Ternate

Sujarwo, Kartini. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia. Univesitas Negerri Yogyakarta. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Education for All

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.