PENGARUH MUSIK KLASIK DALAM MENGURANGI KECEMASAN MATEMATIKA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Veliza Islamanda Cahya Rianti, Ali Rachman, Hayatun Thaibah

Abstract


Kecemasan matematika merupakan suatu keadaan dimana adanya reaksi dari rasa takut atau cemas ketika menghadapi pembelajaran matematika sehingga membuat siswa mengalami kesulitan untuk melanjutkan pembelajaran. Tujuan dari penelitian, yaitu: untuk mengetahui pengaruh musik klasik dalam mengurangi kecemasan matematika pada anak tunagrahita ringan. Pendekatan dan jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian SSR (Single Subject Research) dengan desain yang digunakan adalah A¹-B-A². Sistem pencatatan data menggunakan observasi langsung dengan pencatatan data kejadian (magnitude) Setting penelitian ini dilakukan di SLB B/C Paramitha Graha Banjarmasin dan dirumah subjek. Teknik analisis data menggunakan analisis visual grafik meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perubahan pengurangan kecemasan matematika kearah yang lebih baik, terbukti dari data yang diperoleh selama kondisi baseline 1 (A¹), mean level sebesar 84.515%, kemudian selama kondisi intervensi (B) mean level sebesar 63.782% dan selama kondisi baseline 2 (A²) mean level sebesar 47.68% hasil overlapnya dari A¹ ke B adalah 20% dan B ke A² adalah 25%. Hal ini menunjukkan adanya pengurangan yang signifikan terhadap kecemasan matematika anak tunagrahita ringan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya intervensi yang dilakukan peneliti menggunakan media musik klasik memberikan pengaruh positif terhadap kecemasan matematika anak tunagrahita.

Keywords


musik klasik; kecemasan matematika; anak tunagrahita ringan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, N. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Magistra, 25(286), 1–10. Diakses dari https://www.academia.edu/31661651/Mengenal_Anak_Berkebutuhan_Khusus

Agustin, T., & Sari, A. P. I. (2017). Pengaruh Usia dan Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Tunagrahita. Seminar Nasional Olah Raga Universitas Islam Riau “Peranan Pendidikan Jasmani Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Dan Karakter Bangsa,” 1–18. Diakses dari http://eprints.binadarma.ac.id/3825/

Ainun, R. R. (2018). Perbedaan kecemasan matematika ditinjau dari pemberian musik klasik mozart. (Fakultas Psikologi, Univeristas Muhammadiyah Malang, 2018). Diakses https://eprints.umm.ac.id/40489/

Andita, C. D., & Desyandri. (2021). Pengaruh Penggunaan Musik Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Sekolah Dasar. 1(3), 205–209. Diakses dari https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/50

Arini, C. D. (2020). Musik klasik sebagai solusi kecemasan belajar matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Purwokwerto:29 Agustus 2020. Diakses dari https://seminarmat.ump.ac.id/index.php/semadik/article/view

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. diakses dari https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748

Hermanto, D. (2016). Efikasi Diri Siswa kelas V SD Dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan Matematika. Diakses http://stkippgri-bkl.ac.id/wp-content/uploads/2016/06/PENELITIAN-3-DIDIK-HERMANTO-M.-Pd.-ilovepdf-compressed.pdf

Heryani, R., & Utari, M. D. (2017). Efektivitas Pemberian Terapi Musik (Mozart) Dan Back Exercise Terhadap Penurunan Nyeri Dysmenorrhea Primer. Jurnal Ipteks Terapan, 11(4), 283. Diakses https://doi.org/10.22216/jit.2017.v11i4.2486

Kiswari, F. A. P. (2019). Pendidikan karakter pada siswa tunagrahita di smplb b dan c bagaskara sragen tahun ajaran 2018/2019 . (Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama ISlam Negeri (IAIN) Salatiga, 2019). Diakses dari http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/6302/

Laila, Mustagin, A. (2019). Analisis Kecemasan Matematis Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Singosari Pada Pembelajaran Daring. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Diakses dari http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6302

Pratiwi, M. (2018). Sistem Pakar Diagnosis Anak Inklusi Memanfaatkan Fasilitas Interaksi Berbasis Multimedia. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 5(01), 54. Diakses dari https://doi.org/10.25124/jrsi.v4i02.284

Sania, M., Wiyono, H. J., & Putri, R. O. E. (2020). Penggunaan media musik klasik mozart untuk menurunkan kecemasan siswa smp dalam menghadapi pelajaran matematika. 1–16. Diakses dari http://repository.unim.ac.id/1856/

Santri, F. S. (2017). Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika? Journal of Medives , 1(1), 59–65. Diakses dari http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Education for All

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.