EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI STEROFOAM 3D GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA DI SDN ANJIR PASAR KOTA II

Qurrata A'yuni Hasanah, Eka Novita Sari, Hanna Syajidah, Ika Sartika, Ilham Azzahrul Rahman, Juhar Latifah, Nadia Puteri, Aswin Nur Saputra, Rama Maulana, Raudah Raudah, Siti Sarah

Abstract


Salah satu faktor penting yang menjadi pengaruh besar bagi kemajuan bangsa adalah kualitas sumber daya manusia dalam menguasai pengetahuan dan teknologi. Kualitas pendidikan di era sekarang sangat dituntut untuk meningkat agar dapat mengikuti setiap perkembangan zaman yang berkembang dengan pesat. Media pembelajaran juga merupakan dasar yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran agar tercapai keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa dengan menggunakan metode percobaan pada beberapa mata pelajaran dengan menggunakan berbagai media pembelajaran. Langkah-langkah penelitian dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Secara umum model pembelajaran melalui media pembelajaran interaktif dapat menambah semangat para siswa sehingga saat pembelajaran siswa akan selalu aktif dan prestasi belajar siswa meningkat.


Keywords


observasi; refleksi; pembelajaran interaktif; aktif

Full Text:

PDF

References


Legina N. & Sari P.M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 9(3):375-385.

Mawaddah S. & Mayanti R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning).Jurnal Pendidikan Matematika.4(1):76-85.

Muchtar F.Y., Nasrah, Ilham M., (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis I-Spring Presenter Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(6):5520-5529.

Setyaningsih S., Rusijono, Wahyudi A., (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. 20(2):144-156.

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5): 4045-4052.

Wahyuni L., & Riyanto S., (2022). Model Sekolah Adiwiyata Melalui Program Asistensi Mengajar Berbasis Pembelajaran Experiential. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 9(4):616-628.

Yanto A., Imron A., Benty D.D.N., (2020). Manajemen Pembelajaran Sekolah Dasar Di Daerah Tertinggal. JAMP: Jurnal administrasi dan manajemen pendidikan. 3(1):72-83.

Yulisna R., Alyusfitri R., Jusar I. R. (2021). Analisis Dampak Pelaksanaan Program MBKM Terhadap IKU Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa PGSD Universitas Bung Hatta Dalam Menghasilkan Lulusan yang Tangguh Bersaing di Era Global. Jurnal CERDAS Proklamator. 9(2):67-74.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Education for All

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.