MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE, TIME TOKEN DENGAN MEDIA PAPAN TEMPEL PADA TK TUNAS MUDA II

Nunik Muzdalifah, Faqihatuddiniyah Faqihatuddiniyah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya aktivitas guru, aktivitas anak dan perkembangan kemampuan berbahasa lisan. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti memberikan solusi melalui model Example Non Example dan Time Token dengan Media Papan Tempel. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas anak dan perkembangan kemampuan berbahasa lisan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok A TK Tunas Muda II Pelaihari yang berjumlah 12 anak. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase. Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan terlaksana sesuai rencana dari skor 55 kriteria baik, meningkat pada pertemuan 4 dengan skor 100 kriteria Sangat baik. Aktivitas anak juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 57.63% kriteria sebagian kecil dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 97.22% kriteria hampir seluruhnya. Begitu pula dengan kemampuan berbahasa lisan pada pertemuan 1 memperoleh 58.33% kriteria Mulai Berkembang dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 93.75% Berkembang Sangat Baik.


Keywords


Aktivitas Guru, Aktivitas Anak, dan Kemampuan Berbahasa Lisan

Full Text:

PDF

References


Anggreani, Chresty, Novitawati, & S. (2022). Bimbingan Teknis Perancangan Pembelajaran Steam Bagi Guru Paud. Journal of Character Education Society), 5(1), 269–275.

Anisa, A., & Faqihatuddiniyah, F. (2022). Mengembangkan Kemampuan Bahasa (Keaksaraan) Dalam Menghubungkan Tulisan Sederhana Dengan Gambar Melalui Model Kombinasi Mamperga Pada Anak Kelompok B Ra Al-Ihsan Banjarmasin. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 33. https://doi.org/10.20527/jikad.v2i1.4698

Arini, & Novi, N. P. (2015). Penerapan Metode Bercakap-Cakap Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Pada Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Cinantya, C. (2022). Developing Activities, Independence And Aspects Of Motorik Halus Using The Extream Model In Group B2 Children. E-CHIEF Journal, 2(2), 20-31.

Darmiyati, Hananik, I., & Faqihatuddiniyah, F. (2021). Pengembangan Model Penilaian Autentik Menggunakanpendekatan Saintifik Berbasis Karakter Pada Anak Usiadini Di Daerah Aliran Sungai Barito.

Faizah, G., & Wahyudi, M. D. (2021). Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Menggunakan Model Explicit Instruction, Model Talking Stick Dan Media Kertas Pada Anak Kelompok A Ghina. JIKAD Jurnal Inovasi Kreatifitas Anak Usia Dini, 1(1), 2013–2015.

Habibati. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Syiah Kuala University Press.

Hananik, I., & Faqihatuddiniyah, F. (2021). Penyusunan Perangkat Pembelajaran Pada Masa Pandemic Covid-19 Bagi Guru Tk Di Daerah Pelaihari Tanah Laut Kalimantan Selatan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Indah, I., & Purwanti, R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Menggunakan Model Explicit Instruction, Metode Pemberian Tugas Dan Media Bahan Alam. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(3), 31. https://doi.org/10.20527/jikad.v2i3.6999

Jaya, H. N. (2021). Manajemen Pembelajaran Untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan Di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Maharwati, N. K. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Paud Berbantuan Media Gambar Melalui Metode Bercerita. Journal of Education Technology, 2(1), 6. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13800

Metroyadi. (2021). The Role of School Chief in the Implementation of Management Based on Environmental Education Programs (Adiwiyata Program). Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 525.

Metroyadi, M. (2021). Developing Cooperative Attitude With Friend Using A Combination Of The Dream Model With Picture Card Media For Early Childhood. E-CHIEF Journal, 1(2), 25-34

Mila Puspita, P., & Gading, I. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Tk Laboratorium Undiksha Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(3), 234–243. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i3.16457

Muliawan, & Putu, I. G. N. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Model Time Token Berbantuan Media Audio Visual Pada Anak Kelompok B4 PAUD Kusuma II Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Journal of Education.

Murniasih, E. (2018). 101 Tips Belajar efektif dan Menyenangkan. Semarang : PT. Sindur Press.

Pratiwi, D. A. (2019). Implementasi Kombinasi Model Auditory, Intellectually, Repitition (AIR), Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Anak Kelas IV A SDN Sungai Lulut 5 Kota. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2).

Runtin, N. W., & Poerwati, C. E. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Melalui Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Pada Kelompok B1 Tk Dharma Kumara I Tibubeneng. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).

Salsabila, W., & Wahyudi, M. D. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN BAHASA ANAK MELALUI STORYTELLING DAN DEMONSTRASI DENGAN BIG BOOK. JIKAD Jurnal Inovasi Kreatifitas Anak Usia, 3(1,2), 149–200. https://repositorio.ufsc.br/xmlui/bitstream/handle/123456789/167638/341506.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repositorio.ufsm.br/bitstream/handle/1/8314/LOEBLEIN%2C LUCINEIA CARLA.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://antigo.mdr.gov.br/saneamento/proees

Sari, M. (2021). Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun. Pekalongan: NEM.

Sarosa, S. (2017). Penelitisn Kualitatif Dasar-Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Suriansyah, A., Aslamiah, Noorhapizah, Sulaiman, & Sulistiyana. (2014). Strategi Pembelajaran (2nd ed). Depok: Rajawali pers.




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i3.10063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats